Saturday, 4 August 2018

author photo
PORTALTEBO.com - Warga RT.04 Dusun Kelapa Kembar, Desa Lubuk Mandarsah, Kecamatan Tenggah Ilir, terpaksa harus gotong royong memperbaiki jalan poros di dusun mereka. Pasalnya, saat ini kondisi jalan poros dusun tersebut kondisinya rusak.

Karena keterbatasan peralatan, warga terpaksa memperbaiki kerusakan jalan dengan cara manual, atau mengunakan peralatan seadanya.

“Mereka (warga) gotong royong memperbaiki jalan dengan peralatan seadanya saja. Karena alat pekerjaan jalan yang ditunggu tak kunjung tiba,”ujar Serda Dasiman Babinsa Lubuk Mandarsah yang ikut langsung gotong royong bersama warga, Sabtu (04/08/2018).

“Gotong royong ini dilakukan warga agar kerusakan jalan tidak semangkin parah,”kata Serda Dasiman lagi.
Dijelaskannya, jalan poros dusun Kelapa Kembar merupakan jalan penghubung antar dusun di desa Lubuk Mandarsah.

Jalan tersebut, merupakan urat nadi perekonomian warga yang saat ini kondisinya semakin rusak,

Selain digunakan untuk mengangkut hasil kebun, jalan itu juga merupakan satu-satunya akses bagi anak-anak dusun ke sekolah.

Karena kondisi jalan rusak, sedikitnya ada ratusan ton hasil tani buah kelapa sawit milik warga sulit dikeluarkan, dan buah sawit tersebut berpotensi mengalami kerusakan bila tidak segera dikeluarkan. “Perhari ratusan ton hasil tani buah sawit melintasi jalan ini,”ungkapnya.

Diketahui, kata Serda Dasiman, jalan poros dusun Kelapa Kembar kondisnya masih tanah merah. Jika turun hujan, kondisi jalan berlumpur dan sulit dilalui kendaraan. “Makanya warga gotong royong memperbaiki jalan agar rusaknya tidak semakin parah. Sebab sebentar lagi masuk musim hujan,”ucapnya.

“Jika musim hujan, kondisi jalan positif rusak berat. Keluar dalam jarak 5 Km
bisa menghabiskan waktu sampai 2 jam,”tutupnya. (p08)

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement