Saturday, 4 August 2018

author photo
PORTALTEBO.com - Tim Kukerta Posko 19 Mahasiswa UIN STS Jambi, di Desa Bogorejo, Kelurahan Tebing Tinggi, Kecamatan Tebo Tengah, terus menjalani program kerja mereka.

Hari ini, Sabtu (04/08/2018), Tim Kukerta ini menjalankan program mendongeng dalam rangka pengembangan kepribadian dan berkarakter anak.
Media mendongeng yang dipilih dan dikemas secara Pakem  yaitu pembelajaran yang aktif, kreatif dan menyenangkan.

Dikemasnya media ini bertujuan agar anak-anak yang hadir tidak hanya terhibur dengan sajian yang diberikan, tetapi dengan penyampaian yang tersirat akan makna dapat dipahami serta diingat dengan baik.
Program mendongeng ini terlaksana berkat bimbingan dan arahan Mayor Inf Drs. Mushammid, dari Tim Kukerta  Posko 19. Dia menjelaskan bahwa, Psikolog Ninok Widiantoro mengatakan, “Dongeng dapat meningkatkan sisi kepekaan seorang anak (Meity, Idris :2014)”. Berdasarkan itu Tim Kukerta Posko 19 menjalani salah satu program Kukerta yakni mendongeng.

Lebih lanjut, kata Mayor Inf Drs. Mushammid bahwa, kegitaan ini  dimulai pertama kalinya dalam rangka peringatan hari anak nasional yang jatuh pada tanggal 23 Juli 2018,, yang hingga sekarang terus berlanjut.

"Mendongeng ini kita laksanakan setiap hari Jum'at. Tema yang kita angkat hari ini adalah “Belajar Bersyukur”,”kata Mayor Inf Drs. Mushammid.
Saat kegiatan berlangsung, tampak wajah suka cita menyelimuti paras anak-anak yang hadir. Mereka terpesona dengan sajian yang diberikan.   Tak hanya itu, anak-anak juga tampak memahami pesan yang disampakain.

“Hari anak nasional tahun ini bertemakan “GENIUS” yaitu  gesit, empati, berani, unggul dan sehat. Itu juga yang menjadi harapan bagi kami untuk seluruh anak-anak Indonesia,”ucapnya.

Hal senada juga dikatakan Cut Citra. Salah seorang Tim Peserta Kukerta ini mengatakan bahwa, program mendongeng ke pelosok negeri tidak berhenti hanya sampai selesai Kukerta saja, namun akan terus bersinegri bersama anggota Kampung Dongeng Seloko Jambi, yang juga sebagai peserta kukerta di Posko 19. “Mendongeng ini kami jadikan program unggulan Posko 19,”kata dia.

“Setiap hari Jumat kita menjalankan program mendongeng ke sekolah-sekolah terdekat. Dengan harapan, program ini bisa lebih memudahkan anak-anak belajar. Salam Genius dari kami Posko 19 untuk seluruh anak-anak Indonesia,”kata dia lagi.

Diketahui, Tim Kukerta Posko 19 Mahasiswa UIN STS Jambi berjumlah 21 orang yang terdiri dari 13 orang putri dan 8 orang putra. Mahasiswa Kukerta ini dari berbagai jurusan diantaranya, jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Tadris Biologi, Tadris Bahasa Inggris, Pendidikan Agama Islam, Bimbingan Penyuluhan Islam, Komunikasi Penyiaran Islam, Sastra Inggris,  Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir Hadits, Ekonomi Syariah serta jurusan Hukum Ekonomi Syariah. (p08)

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement