Wednesday, 4 July 2018

author photo
PORTALTEBO.com - Kisruh pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di desa Tanah Garo Kecamatan Muara Tabir, sepertinya terus meluas.

Hal ini, Rabu siang (04/07/2018), sekitar 10 orang warga Suku Anak Dalam (SAD) yang dipimpin oleh Temenggung Ngukir mendatangi kantor bupati dan kantor dinas Pemerintahan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Tebo.

Kedatangan warga SAD ini untuk menuntut hak suaranya pada Pilkades di desa tempat mereka bermukim, yakni Tanah Garo.

Temenggung Ngukir pimpinan SAD Tanah Garo menjelaskan, biasanya sebelum dilakukan pemilihan atau pencoblosan, panitia melakukan sosialisasi atau cara pemilihan.

Namun, kata dia, hal itu tidak dilakukan untuk warga SAD yang memiliki hak suara di desa tersebut. Akibatnya, sekitar 200 warga SAD tidak ikut memilih.

“Jadi kedatangan kami kesini mewakili kawan-kawan didalam (warga SAD) untuk minta dilakukan pemilihan ulang, khususnya pemilihan ulang khusus warga SAD, “pintanya saat menyampaikan aspirasi kepada dinas Pemerintahan Masyarakat Desa (DPMD) Tebo di aula kantor DPMD Tebo.

“Mereka (SAD) sudah jauh-jauh datang ke dusun agar bisa ikut milih, namun tidak bisa meilih. Alasan panitia karena keterbatasan waktu. Padahal mereka semua masuk dalam DPT, “ujar Sadari pendamping SAD Tanah Garo.

Tuntutan warga SAD ini ditanggapi langsung oleh Ansori Kabid Pemerintahan desa di DPMD Tebo. Dia menyarankan kepada warga SAD agar mengikuti tahapan yang sudah ada yakni, membuat keberatan secara tertulis yang ditujukan kepada DPD dan panitia Pilkades.

“Kita tidak punya hak untuk memutuskan masalah ini, apalagi memutuskan untuk dilakukan pemilihan ulang. Silahkan ikuti tahapannya, “jelas Ansori.

Jika BPD maupun panitia Pilkades tidak bisa menyelesaikan permasalahan ini, lanjut dia menjelaskan, pihak Kecamatan akan menyerahkan penyelesaian ini ke pihak kabupaten. “Nah, kalau diserahkan ke kabupaten, baru kita punya wewenang, “kata dia.

“Jadi bukan kami menolak untuk menyelesaikan masalah ini, tapi hal ini belum menjadi wewenang kami. Ikuti saja tahapannya,” tutup Ansori. (p01)

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement