Thursday, 12 July 2018

author photo
PORTALTEBO.com - Kelompok yang terdiri dari berbagi komunitas di Kabupaten Tebo, membentuk sebuah forum yang disebut Forum Komunitas Hijau (FKH).

Pembentukan ini dilaksanakan di rumah makan Bambu Kuliner KM.3 Jalan Lintas Tebo Bungo, Kecamatan Tebo Tengah, Kabupaten Tebo, Jambi, Rabu (11/07/2018).

Selain kelompok dari berbagai komunitas, pembentukan FKH ini dihadiri langsung oleh perwakilan dari Bapedda dwn Dinas LH Kabupaten Tebo.
Dalam proses pembentukan, Robi Harja dipercaya sebagai Ketua Pengurus FKH Tebo, dan Koko sebagai Sekretaris.

“Alhamdulillah, pengurus FKH Tebo telah terbentuk dan saya dipercaya sebagai ketua, “ujar Robi Harja sambil mengatakan bahwa, langkah pertama yang akan dilakukan adalah mendorong agar pengurus FKH segera di SK kan oleh Bupati Tebo.

Sementara, Koko Sekretaris FKH Tebo mengatakan, forum ini nantinya berfungsi sebagai mitra pemerintah dalam membangun Kabupaten Tebo menjadi kota hijau.

Dijelaskan Koko bahwa, pembentukan FKH untuk menindaklanjuti Program Pengembangan Kota Hijau (P2KH) oleh Pemerintah Pusat.

Ada tiga tahapan dalam membentuk FKH yakni melakukan pendataan terhadap komunitas-komunitas, membentuk kepengurusan FKH dan menyusun rencana kegiatan FKH.

Untuk kegiatan FKH nantinya akan melibatkan semua komunitas yang ada di Tebo. “Jadi kegiatan FKH bukan hanya untuk komunitas lingkungan saja, tapi untuk semua komunitas yang ada di Tebo,”kata Koko.

“Tujuannya, melalui FKH berbagai aktivitas bisa dilaksanakan karena melibatkan semua komunitas. Keterlibatan banyak komunitas membuat aktivitas FKH lebih kreatif dan partisifatif guna mendorong pembentukan kota hijau,”ucapnya lagi.

Begitu juha dengan aktivitas FKH, lanjut Koko menjelaskan, tidak hanya identik pada upaya penghijauan semata, melainkan bisa bergerak dalam berbagai kegiatan yang muaranya bertujuan membentuk kesadaran masyarakat akan arti penting kawasan hijau.

“Makin banyak komunitas yang dilibatkan makin banyak masukan dalam pelaksanaan Program Pengembangan Kota Hijau,” pungkasnya. (P01)

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement