Friday, 20 July 2018

author photo
PORTALTEBO.com - Masyarakat Desa Teriti Kecamatan Sumay, sekarang bisa bernapas legah. Pasalnya, usulan koperasi desa tersebut yakni, Koperasi Teriti Jaya  dalam permohonan izin usaha pemenfaatan hasil hutan kayu pada hutan tanaman rakyat (IUPHHK/HTR) seluas lebih kurang 2,516 Ha, sudah di kantongi dengan NO. SK_2887/MENLHK-PSKL/PKPS/PSL.0/5/2018.

Rd. Sopli Kepala Desa (Kades) Teriti saat dijumpai PORTALTEBO.com membenarkan kalau izin dari kementrian LHK pemenfaatan hasil hutan kayu pada hutan tanaman rakyat (IUPHHK/HTR) seluas lebih kurang 2,516 Ha, sudah di kantongi dan dikelolah oleh koperasi Teriti Jaya selama 35 tahun kedepan.

Ditegaskan oleh Kades bawa, nantinya lahan 2,516 Ha ini akan di fungsikan untuk tanaman kayu akasia. “Nanti yang mengelola tanaman ini keperasi Teriti Jaya,”ujar Kades, Kamis (29/07/2018).

Disaat bersamaan, Lembaga Oksigen Tebo yang bergerak dibidang lingkungan mengingatkan pada pihak desa Teriti dan Koperasi Teriti Jaya, agar benar-benar memanfaatkan lahan sesuai izin yang telah di keluarkan oleh Kementrian LHK untuk mengangkat perekonomian masyarakat desa, serta dapat membuka lowongan perkejaan dan dikelolah secara lestari.

“Dan kami berharap desa lain bisa seperti Desa Teriti. Dan akan lebih baik lagi jika mengusulkan pembebasan hutan tersebut dalam bentuk hutan desa (HD) dan ditanami dengan tanaman endmic atau tanaman kehutanan,”kata Budi Ketua Oksigen Tebo. (p15)

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement