Thursday, 19 July 2018

author photo
PORTALTEBO.com - Kodim 0416/Bute melalui Koramil 416-05 Muara Tebo bersama anggota Polres Tebo, Tim RPK ABT dan aparat dusun Semerantian Kecamatan Sumay, Rabu (18/07/2018), berhasil menghambat laju kebakaran yang sudah menghanguskan sekitar 1 Ha lahan pertanian, di dusun Semerantian, Talang Mamak, Kecamatan Sumay.

Kpt Inf Zulkarnaini Danramil 416-05 Muara Tebo kepada PORTALTEBO.com mengungkapkan bahwa, lahan yang terbakar tersebut diduga sengaja dibakar oleh pemiliknya yang berinisial H.
Dijelaskannya, lahan yang terbakar pada hotspot S -1.1889 E 102.5755. Untuk mencapai lokasi tersebut harus berjalan kaki sekitar 1 Km. Pasalnya, akses jalan menuju lokasi kebaran itu tidak bisa dilalui dengan kendaraan roda empat maupun roda dua.

“Sayangnya, saat kita sampai dilokasi, pemilik lahan tidak berada di tempat. Untung api berhasil dipadamkan, ”ujar Kpt Inf Zulkarnaini Danramil 416-05 Muara Tebo.
Karena akses jalan menuju lokasi kebakaran sangat sulit ditempuh, kata Danramil lagi, pemadaman api terpaksa mengunakan alat seadanya diantaranya, 2 unit Kepyok api, 2 unit garu sekat, “Kita kelokasi mengunakan 2 unit mobil daubel kabin dan 2 unit kendaraan roda 2. Kemudian dilanjutkan jalan kaki sejauh 1 Km,”ujarnya.

“Personil yang terlibat memadamkan api yakni anggota TNI 2 orang, Tim RPK ABT  5 orang, anggota Polri 2 orang dan aparat dusun 4 orang, “tutupnya.

Usai memadamkan api, lanjut Danramil, timnya mengumpulkan warga sekitar untuk diberikan pengarahan, "Kita ingatkan kepada warga agar tidak lagi membuka lahan dengan cara dibakar. Jika itu dilakukan akan dikenakan sanksi pidana,"tutupnya. (p08)

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement