Sunday, 10 June 2018

author photo
PORTALTEBO.com - Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) swadaya yang ditempatkan di desa di Kabupaten Tebo, sepertinya butuh perhatian dari Pemkab Tebo. Pasalnya, sudah lima tahun lebih mereka hanya menerima honor sebesar Rp 400 ribu per bulan.

Hal ini dibenarkan oleh Slamet Riyadi salah satu PPL swadaya di desa Muara Kilis Kecamatan Tengah Ilir. Saat dikonfirmasi PORTALTEBO.com, dia mengaku sudah 5 tahun menjadi PPL swadaya di desa tersebut. “Sejak tahun 2014 kemarin saya sudah di PPL swadaya, “ujarnya, Minggu (10/06/2018).

Dia mengungkapkan selama menjadi PPL swadaya hanya menerima honor sebesar Rp 400 ribu sebagai peganti uang transportasi.

Dengan beban kerja yang ada dan tingginya biaya hidup, dia mengaku uang sebesar Rp 400 tersebut tidak mencukupi untuk transportasi dia selama satu bulan. “Terkadang saya harus nombok hingga 300 ribu. Bayangkan saja, saya harus turun kelapangan dengan kendaraan sendiri untuk mendampingi petani,”keluhnya.

“Belum lagi saya harus ke BPP kecamatan atau ke kantor dinas untuk menyampaikan. Jadi uang sebesar Rp 400 per bulan itu sangat tidak mencukupi, “keluhnya lagi.

Ditanya berapa honor yang diterimanya per bulan diluar dana transportasi, “Cuma dapat transportasi itu lah. Kalo honor, sudah 5 tahun saya jadi PPL swadaya belum pernah menerima sepeserpun, “ketusnya.

Untuk itu, PPL swadaya ini berharap kepada Pemkab Tebo agar menambah uang transportasi yang mereka terima setiap bulannya. “Bukan saya tidak iklas bekerja, tapi setidak-tidaknya dana transportasinya ditambah agar bisa mencukupi. Untung-untung ada honor yang saya terima setiap bulannya di luar dana transport,”harapnya.

Ditanya dari mana dia mencukupi operasional sebagai PPL swadaya dan pendapatan dari mana untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, Slamet mengaku,”Selain PPL swadaya, saya juga petani, sayur, cabe, kedele, dan kacang hijau. Hasil dari situlah untuk saya dan keluarga bertahan hidup,”tutupnya. (p01)

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement