Sunday, 24 June 2018

author photo
PORTALTEBO.com - Komitmen TNI AD untuk mencegah dan menanggulangi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) sepertinya tidak main-main.

Hal ini terlihat pada Sabtu (23/06/2018), sekitar pukul 12.15 Wib, anggota Kodim 0416/Bute melalui Koramil 416-05 Muara Tebo turun langsung ikut memadamkan api di desa Pemayongan, Kecamatan Sumay.

“Iya, anggota kita ikut memadamkan kebakaran lahan di desa Pemayongan, Kecamatan Sumay, “kata Kpt Inf Zulkarnaini Danramil 416-05 Muara Tebo, dikonfirmasi PORTALTEBO.com, Minggu (24/06/2018).
Danramil menjelaskan jika lahan yang terbakar tersebut adalah semak belukar seluas 10 hektar. “Dugaan sementara kebakaran disebabkan api dari puntung rokok yang tidak sengaja dibuang orang saat melintas, “kata Kpt Inf Zulkarnaini.

Bersama 2 orang petugas dari Manggala Agni serta karyawan PT LAJ, akhirnya api berhasil dipadamkan sekitar pukul 19.20 Wib. “Peralatan yang kita gunakan 1 unit mesin max3, 1 unit mesin mini streker, 2 unit mobil single kabin berisi byby tank, dan 6 unit kendaraan roda dua.
Atas insiden itu, Kpt Inf Zulkarnaini mengimbau kepada perokok agar tidak sembarangan membuang puntung rokoknya.

Dan kepala masyarakat, dia minta agar meninggalkan prilaku membuka lahan maupun hutan dengan cara dibakar. “Biasanya kebakaran hutan itu berawal dari pembakaran lahan oleh segelintir orang dan bisa juga oleh pengunjung yang datang ke hutan, yang membuang puntung (rokok) atau bara api,"tutup dia. (p01)

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement