Jelang Hari Raya,,,Puluhan BHL PT. SKU Dirumahkan

- 20:14:00
advertise here
Puluhan BHL PT SKU nuntut Uang THR dan Tali Kasih serta dihadiri SPSI
PORTALTEBO - Manajemen PT Satya Kisma Usaha (SKU) Tebo, membuat keputusan yang sangat mengejutkan sekaligus miris. Menjelang memasuki bulan suci Romadhan dan Hari Raya Idul Fitri, manajemen PT. SKU Tebo merumahkan sekitar 90 Buruh Harian Lepas (BHL). Pemutusan Hubungan Kerja ini dilakukan PT. SKU Tebo, sabtu (12/5/2018).

Puluhan BHL yang dirumahkan ini tak terima dan berkumpul di Pabrik PT SKU yang berada di Desa Sungai Keruh Kecamatan Tebo Tengah, Tebo yang dijaga ketat oleh personil polisi dari Polres Tebo dan Polsek Tebo Tengah.

Informasi yang didapat, pengumuman merumahkan puluhan BHL ini berlangsung aman, namun para buruh yang dirumahnya masih menunggu tuntutan mereka direalisasikan perusahaan. Selain dirumahkan, puluhan BHL yang umumnya berusia diatas 35 tahun ini juga diberikan uang Sangu Hati atau Tali Kasih sebesar Rp 1.600.000 per buruh.

"Kami juga minta agar pihak SKU memberikan kami uang Tunjangan Hari Raya (THR),"tuntut puluhan buruh.
Perwakilan buruh sampaikan tuntutan

Namun, tuntutan itu tak bisa dipenuhi oleh PT. SKU, lantaran aturan perusahaan THR dibayarkan setelah Romadhan atau menjelang hari raya. Hingga kini, pihak buruh masih berkumpul dikantor dan Pabrik PT. SKU.

"Selain minta THR, pihak buruh juga minta dihadiri pihak SPSI, jika tuntutan tersebut tak dipenuhi, kami tidak bersedia dirumahkan,"tegas para buruh yang tetap bertahan.

Kapolres Tebo AKBP Zaenal Arrahman, SIK melalui Kasat Binmas Polres Tebo, IPTU Agung mengatakan, saat ini kondisi diseputaran kantor PT SKU masih aman dan kondusif.

"Kita tetap melakukan pendekatan dengan buruh agar tidak melakukan anarkis, dan tetap menyampaikan tuntutan dengan damai. Penjagaan dilakukan dengan ketat,"tegas Kasat Binmas saat dihubungi wartawan, sabtu (12/5/2018) sekitar pukul 15.20 WIB.

Informasi terakhir yang didapat, puluhan buruh masih melakukan aksi damai dan penjagaan ketat tetap dilakukan personil Polres Tebo dan Polsek Tebo Tengah.(P05)
x