Wednesday, 7 March 2018

author photo
PORTALTEBO.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tebo melarang perokok melakukan aktivitasnya di lingkungan perkantoran Pemkab Tebo. Hal ini dikatakan oleh Syahlan Arfan wakil Bupati Tebo.

Dikatakan Syahlan jika saat ini Pemkab telah menerbitkan Peraturan Daerah (Perda) tentang Larangan Merokok di Lingkungan Kerja. “Perdanya sudah ada, tinggal diterapkan saja,”ujar Syahlan yang lupa Nomor Perda soal Larangan Merokok tersebut.

Diakui Syahlan jika dirinya adalah perokok berat. Namun, kata dia, karena Perda Larangan Merokok telah diterbitkan sudah diterbitkan, dia mengatakan siap mentaati peraturan tersebut.

Meski sudah diterbitkan, lanjut Syahlan, Pemkab tetap memberi toleransi pada para perokok yaitu dengan menetapkan beberapa lokasi atau kawasan bebas merokok. “Bagi perokok nantinya disediakan tempat,”kata dia.

Menurut Syahlan, larangan ini diberlakukan didasari atas adanya hak bagi semua orang untuk dilindungi kesehatannya akibat tidak adanya batas aman paparan asap rokok."Kawasan tanpa rokok yang diawali dilingkungan kerja dan kedepan akan menentukan zona-zona kawasan bebas asap rokok merupakan upaya efektif untuk melindungi seluruh masyarakat dari asap rokok hingga masyarakat dapat menikmati udara bersih dan sehat. “Di ruang tertutup dalam gedung wajib 100 persen menjadi Kawasan Tanpa Rokok," kata dia lagi.

Untuk itu, Syahlan menghimbau kepada seluruh seluruh ASN dan tenaga honorer agar tidak merokok di lingkungan kerja (perkantoran Pemkab Tebo). Jadilah contoh bagi masyarakat.

Saat disinggung kapan Perda tersebut mulai diterapkan dan dimana saja lokasi yang diperboleh untuk aktivitas merokok, kata Syahlan,”Maunya saya secepatnya segera diterapkan. Sekarang kita lagi menentukan zona-zonanya, “tutup Syahlan. (p01)
Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement