Pasca Konflik, Ini Kesepakatan Warga Dengan PT LAJ

- 01:36:00
advertise here
PORTALTEBO.com - Polres Tebo menggelar Focus Grup Discussion (FGD) di Kantor Camat VII Koto Ilir, Jum'at sore (16/03/2018).

Kegiatan ini digelar terkait konflik lahan yang terjadi antara PT. LAJ dengan warga Langgas dan Jengkeng Kecamatan VII Koto Ilir, beberapa waktu lalu.

Pertemuan ini dihadiri Kapolres Tebo AKBP Budi Racmat, S.Ik, Kakan Kesbangpol Tebo Eryanto, Kasat Binmas Polres Tebo Iptu Agung, unsur Muspika VII Koto Ilir, para Kades, Pimpinan PT. LAJ Widiharsono dan puluhan warga Langgas dan Jengkeng VII Koto Ilir.

Kapolres Tebo AKBP Budi Racmat dalam sambutannya mengharapkan ada titik temu terhadap masalah yang timbul antara PT. LAJ dengan warga Langgas dan Jengkeng Kec. VII Koto Ilir. Dia juga berharap melalui FGD bisa berjalan baik, tidak ada tindakan anarkis sebelum dan sesudah pertemuan.

"Saya harap ada titik temu, melalui FGD ini bisa berlangsung dengan aman, tidak ada anarkisme baik sebelum dan sesudah FGD ini" sambut Kapolres Tebo.

Sementara, perwakilan warga meminta agar PT. LAJ tidak lagi menggusur lahan masyarakat di dalam kawasan konsesi PT. LAJ.

Terkait pernyataan warga ini sangkal oleh Pimpinan PT. LAJ Widiharsono. Dia mengaku selama ini tidak melakukan penggusuran lahan warga secara paksa, “Kita (PT LAJ) sudah ada MoU dengan pemilik lahan. Makaya kita berani melakukan aktivitas kebun disana, “katanya.

Menurut dia, terjadinya penahanan alat berat minggu lalu karena adanya provokasi yang ingin merusak hubungan masyarakat dengan perusahaan.

Hal ini juga dikatakan oleh Antoni Kades Sungai Karang Kecamatan VII Koto. Dia membenarkan jika penggusuran lahan minggu lalu sudah ada penyerahan dari warga, “Saya  tidak ingin insiden yang sama terulang lagi,”pinta Kades.

Diketahui, dalam FGD ini menghasilkan kesepakatan diantaranya, perusahaan dapat melanjutkan aktifitasnya, tidak ada penggusuran lahan sebelum ada kesepakatan dan pemberian tali asih. Sedangkan proses hukum adalah domain Kepolisian. (red)
"KOLOM IKLANquot;