Friday, 16 March 2018

author photo
PORTALTEBO.com - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Tebo, Jumat (16/03/2018), membentuk tim penyusun soal Ujian Akhir Sekolah Berstandar Basional (UASBN) 2018 untuk siswa SD Kabupaten Tebo.

Tim yang terdiri dari puluhan guru perwakilan dari kecamatan ini, tampak tengah berdiskusi untuk menyusun materi soal di Aula utama kantor Disdikbud Tebo.

Sindi Kepala Disdikbud Tebo menjelaskan, narasumber tim penyusunan soal UASBN ini adalah guru dari SDN 80 Rimbo Ulu yang telah mendapatkan pelatihan dari pusat.

“Ini yang pertama kali kita laksanakan di Tebo, “ujar Sindi saat meninjau tim penyusunan soal UASBN.

Dijelaskannya, tahun ini, SD tetap pada tiga mata pelajaran (mapel) yang diujikan, yaitu Bahasa Indonesia, Matematika dan IPA dengan pilihan ganda dan esai.

Untuk porsi soal, lanjut dia, pusat mendapatkan 25 persen bagian. Sedangkan sisanya, 75 persen soal dibuat oleh daerah. Sementara, untuk pelajaran lain yang biasa ada di Ujian Sekolah akan disusun seratus persen oleh sekolah. “Penyusunan soal UASBN SD ini nantinya akan kita laksanakan selama 2 hari, yakni tanggal 21-22 Maret 2018 ini, “kata dia.

Dengan adanya tim penyusun soal UASBN SD ini, Sindi berharap materi soal yang diujikan nantinya sama dengan materi yang diajarkan oleh guru. Namun, bilang dia, soal yang dibuat tetap sesuai dengan Kurikulum 2013 (K13). (p09)
Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement