Thursday, 1 February 2018

author photo
Anggota Pol PP Tebo saat mengamankan hewan ternak di Pasar Muara Tebo 
PORTALTEBO.com - Meski Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Tebo sudah sering gelar razia hewan ternak, namun masih saja terlihat hewan ternak yang berkeliaran bebas di tempat-tempat umum.

Untuk mengatasi persoalan hewan ternak ini, Pol PP pun terpaksa membuat program Pekan Tertib Ternak.

Program ini merupakan agenda mingguan Pol PP dalam menertibkan hewan ternak yang masih bebas berkeliaran.

Program yang sudah dimulai sejak minggu kemarin ini ternyata tidak memberi efek jera bagi para pemilik ternak. Pasalnya, hingga saat ini masih banyak laporan atau pengaduan dari masyarakat yang merasa resah atas ulah hewan ternak tersebut.

Atas laporan dari masyarakat ini, Kamis (1/2/2018) sekitar pukul 15.30 Wib, Sat Pol PP Tebo kembali turun kejalan untuk menertibkan hewan-hewan tersebut.

Seperti biasanya, aksi kejar-kejaran anggota Pol PP dengan hewan ternak pun tidak terhindarkan. Selain menjadi tonton warga maupun pengendara yang kebetulan melihas, aksi kejar-kejaran ini juga mendapat penolakan dari pemilik ternak yang tidak terima ternaknya ditangkap.

Pada razia penertiban ini, anggota Pol PP berhasil mengamankan 16 ekor kambing di beberapa lokasi di Kecamatan Tebo Tengah, diantaranya di Pasar Muara Tebo, Km. 2 jalan Lintas Tebo Bungo tepatnya didepan Ponpes Nurul Jalal dan di Desa Tebing Tinggi.

Taufik Khaldy Kasat Pol PP Tebo dikonfirmasi media ini mengaku jika ada anggotanya yang dilempar batu. Dia menduga, palaku yang melempar anggotanya itu adalah pemilik ternak yang tidak terima ternaknya terjaring razia.

“Ternak yang terjaring pada hari ini akan kita bawa ke kantor untuk ditahan sementara. Nanti pemiliknya kita panggil untuk proses lebih lanjut, “kata Taufik usai razia.

Ditegaskanya, hewan ternak yang terjaring ini sebelum dikembalikan ke pemiliknya akan diberi tanda. Dan jika nantinya kembali terjaring, tanpa alasan hewan ternaknya akan kita sita untuk dilelang.

“Bagi pemilik ternak yang hewan ternaknya terjaring hari ini, saya harap segera diambil. Jika sampai batas tenggang waktu yang sudah kita tentukan, ternak ini tidak diambil, maka akan kita lelang. Hasinya nanti akan kita masukkan ke kas daerah, “ucapnya.

Ditanya sampai kapan razia penertiban ternak ini dilaksanakan, Taufik mengatakan, Ini kita lakukan sampai tidak ada lagi ternak yang berkeliaran bebas di tempat-tempat umum, “tegasnya.

Untuk itu, Taufik menghimbau kepada seluruh pemilik ternak agar segera mengkandangkan hewan ternaknya,”Kita tidak akan toleransi lagi bagi pemilik ternak yang membiarkan hewan ternaknya berkeliaran. Akan kita tangkap dan kita proses sesuai aturan, “tutupnya. (red) 
Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement