Sunday, 11 February 2018

author photo
Ilustrasi/net
PORTALTEBO.com - Dari data yang dirilis Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Tebo, sebanyak 105 Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) di Kabupaten Tebo siap menggelar Ujian Nasional (UN).

Dari jumlah tersebut, hanya 34 SLTP yang bakal mengelar Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), sedangkan sisanya sebanyak 71 sekolah menggelar ujian dengan mengunakan kertas dan pensil (UNKP).

Khairol Akmal Kabid Dikdas Disdikbud Tebo menjelaskan, jumlah sekolah yang menerapkan UNBK tahun 2018 ini turun drastis. “Kalo tahun lalu separuh lebih sekolah yang melaksanakan UNBK. Kalo tahun ini berkurang sekitar 20 sekolah,”ujar Akmal.

Berkurangnya sekolah yang menggelar UNBK, lanjut Akmal, karena pihak sekolah takut Saber Pungli. “Tahun lalu beberapa peserta UNBK umumnya dibiayai dari swadaya orang tua siswa. Kalo tahun ini ada 20 sekolah yang sebelumnya menggelegar UNBK beralih UNKP,”kata dia.

Dibeberkannya, dari 105 SLTP baik negeri maupun swasta yang menggelegar UN, tercatat 34 sekolah siap menerapkan UNBK, sedangkan 71 sekolah lagi menerapkan UNKP.

“Ada 5.703 siswa yang bakal mengikuti UN berbasis komputer maupun kertas pensil, diantaranya 2.390 siswa untuk UNBK dan 3.313 untuk UNKP,”tutup Akmal. (p08) 
Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement