Friday, 2 February 2018

author photo
PORTALTEBO.com - Tim Reskrim unit Pidum, Jumat (2/2/2018) menyerahkan tiga tersangka dan barang bukti kasus pembunuhan Dina Sitorus Ita dan Nicolas pada November lalu, di areal perkebunan kelapa sawit milik PT TPIL.

Pelimpahan (tahap II) perkara tindak pidana pembunuhan sadis tersebut langsung diterima oleh JPU Kejari Tebo, Zainal di ruang Pidum.

Kapolres Tebo AKBP Budi Rachmat, S.I.K, M.Si melalu Kasat Reskrim Polres Tebo Akp Hendra Wijaya, S.I.K saat dikonfirmasi membenarkan hal tersebut.

Dia mengatakan bahwa berkas ketiga pelaku sudah dinayatakan sudah lengkap (P21) oleh Kejaksaan Tebo dan untuk penanganan selanjutnya di serahkan ke Pihak Kejaksaan.

“Kita sudah melaksanakan penyidikan dengan Optimal dan berkas ketiganya sudah dinyatakan lengkap, dan untuk ketiga tersangka kita jerat pasal 340 kuhpidana subsider pasal 338 kuhpidana JO pasal 55 ayat (1) ke-1 kuhpidna jo pasal 88 kuhpidana tentang pembunuhan berencana dimana ancamanya hukuman mati,”jelas Kasat.

“Untuk proses selanjutnya kita serahkan kepada Pihak Kejaksaaan dan Pengadilan Negeri Tebo,”jelas Kasat lagi.

Hal ini dibenarkan oleh Zainal, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari Tebo. Dia mengatakan sebagaimna dimaksud dalam pasal 340 kuhpidana subsider pasal 338 kuhpidna jo pasal 55 ayat (1) ke-1 kuhpidna jo pasal 88 kuhpidana berdasarkan laporan polisi nomor lp /B- 167/XI/2017/JBI/Res tebo/SPKT tgl 06 November 2017 Jumat, resmi dilakukan penyerahan dari polisi ke jaksa.

Sebelumnya disampaikan Zainal pihak kejaksaan juga terlebih dahulu telah memberitahukan hasil penyidikan ke polres sudah lengkap (p21) surat Kajari Tebo nomor : B- 268 /N.5.17/Epp.1/02/2018 tgl 01 februari 2018.

"Tersangka saat ini sudah kita serahkan ke pihak Lapas Tebo. Sedangkan untuk barang bukti semuanya kita simpan di Kejaksaan," ucap Zainal.

Adapun tersangkah yang diserahkan hari ini lanjut Zainai adalah Wirani Laia, Arman Laia, dan Pandi Giawa. Ketiganya Zainal bilang pihaknya punya waktu 20 hari untuk melakukan penahan hingga dilimpahkan ke Pengadilan Negeri Tebo.

"Kalau tidak ada kendala tempo seminggu sudah kita limpah ke PN," sebutnya.

Pantauan media ini di lapangan, usai Jumatan tadi ketiga tersangka dan BB langsung diserahkan ke pihak kejaksaan. Adapun barang bukti yang ikut diserahkan diantaranya tali, egrek dan sepeda motor. (p01) 
Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement