Friday, 2 February 2018

author photo
Mahkota Miss Tebo 2018 rancangan atau desain Adi Sudirja Presiden Sass Tebo Foundation 
PORTALTEBO.com - Perhelatan Mister Miss Tebo 2018 hanya tinggal 23 hari lagi. Kabarnya, Miss Tebo 2018 terpilih akan memakai mahkota terbaru yang bertajuk The Golden Of Tapak Kudo.

Untuk diketahui, mahkota menjadi lambang tersendiri pada setiap kontes kecantikan. Begitu juga dikontes Mister Miss Tebo yang tahun ini memasuki penyelenggaraan tahun ke 2.

Mahkota baru untuk Miss Tebo 2018 tersebut dirancang oleh presiden Sash Tebo Foundation, Adi Sudirja. Pada rancangan ini, dia dibantu oleh pelukis sketch handal asal Gorontalo Fitra Rauf.

Hasil sketch ini nantinya akan diukir oleh I Ketut Purmawan seniman ternama asal Bali. Dia (I Kentut Purmawan) adalah seniman ukir yang tergabung pada Prizel Art salah satu galeri kerajinan emas dan perhiasan asal pulau Dewata atau Bali.
Mahkota ini memiliki arti mendalam bagi perancangnya. Pasalnya, Tapak Kudo adalah motif batik Tebo paling terkenal yang sudah dipatenkan oleh ibu Bupati Tebo Hj Saniatul Lativa SE.

Motif ini dahulu hanya digunakan untuk motif kalung para puteri kerajaan atau pengantin agung saja. Namun, dewasa ini motif Tapak Kudo menjadi identitas masyarakat Kabupaten Tebo.

Menurut Adi Sudirja arti dari mahkota emas bermotif Tapak Kudo ini adalah Mahkota "The Golden Of Tapak Kudo"

Motif ini sengaja dipilihnya karena salah satu simbol wanita Tebo yang menjujung tinggi norma dan toleransi antar sesama. Selain itu, motif Tapak Kudo juga untuk menghargai adat istiadat di bumi Tebo.

Dengan mengunakan motif ini, harapannya bisa memperkenalkan sekaligus mempromosikan motif Tapak Kudo ke khalayak yang lebih luas. Selain itu, untuk menunjukkan bahwa Tapak Kudo milik dan khas Kabupaten Tebo,

"Ya mahkota ini menjadi simbol wanita Kabupaten Tebo masa kini. Wanita masa kini tidak hanya cantik, baik dan pintar saja, tapi juga harus menjujung tinggi nilai - nilai kemanusiaan, toleransi, adat istiadat di bumi Tebo,” ujarnya saat ditemui awak media, Jumat (2/2/2018)

Ditanya perihal tibanya sang mahota agung tersebut, pihaknya memastikan sebelum malam final mahkota akan sudah tiba di Tebo. (red)
Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement