Thursday, 25 January 2018

author photo
Oleh : Kompol Yhuda Pranata, S.I.K, SH 

Kesuksesan sebuah pesta demokrasi bukan hanya diukur dari hasil atau output saja, melainkan juga dari proses dan mekanisme dalam menjalankan demokrasi itu. Penjelasan dan peringatan sejatinya sangat penting mengingat banyak sekali kelompok masyarakat yang, atas nama demokrasi, kemudian mengembangkan cara, strategi, taktik, mekanisme dan proses-proses politik yang justru berlawanan dengan spirit atau ruh demokrasi itu sendiri.

Politik SARA adalah salah satu jenis perilaku politik yang bisa mengubur spirit demokrasi itu. Oleh karena itu menjadi tanggung jawab semua lapisan masyarakat, baik elit maupun wong cilik, untuk menjaga jalannya proses pilkada serentak tahun 2018 ini. Jangan sampai politik SARA yang digadang-gadang terjadi di Pilkada Jakarta terjadi lagi di daerah-daerah lain.

Pemerintah dan masyarakat  perlu mewaspadai sekaligus menghalau sejumlah individu dan kelompok sektarian, baik yang berbasis politik, etnis maupun agama, yang masih mencoba menggunakan dan membangkitkan politik SARA demi meloloskan paslon yang mereka usung.

Selain itu,  masyarakat juga harus turut menjaga jangan sampai tempat-tempat ibadah dijadikan sebagai ajang kampanye paslon tertentu dan medium untuk mendiskreditkan paslon lain.

Masjid, musala, gereja, kuil dan sebagainya semestinya bebas atau steril dari aktivitas politik praktis sektarian yang bisa memecah-belah keharmonisan sosial dan kerukunan masyarakat.

Masyarakat juga harus waspada terhadap sejumlah tokoh politik, agama, dan masyarakat yang mencoba mempolitisir dan memprovokasi isu-isu SARA demi kemenangan paslon tertentu.

Para tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh politik seharusnya menciptakan dan membangun kultur masyarakat yang santun, sehat, beradab, toleran dan pluralis, bukan malah berpartisipasi dalam aktivitas kepolitikan ataupun politik keagamaan yang jauh dari nilai-nilai keadaban, moralitas, toleransi dan pluralisme. (25/01/18)

Penulis : Kompol Yhuda Pranata, S.I.K, SH Wakapolres Tebo 
Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement