Thursday, 25 January 2018

author photo
PORTALTEBO.com - Upaya anggota Pol PP Tebo dalam menertibkan hewan ternak yang berkeliaran bebas patut diacungkan jempol. 

Pasalnya, anggota Pol PP terpaksa kejar-kejaran berjibaku menangkap hewan ternak yang berkeliaran tersebut.  

Aksi kejar-kejaran inipun menjadi tonton masyarakat dan pengguna jalan yang kebetulan melihas. 

Akibat aksi ini, tidak sedikit anggota Pol PP yang terluka akibat terkena serudukan hewan ternak. 

Taufik Khaldy Kasat Pol PP Tebo dikonfirmasi media ini mengatakan, penertiban hewan ternak ini bertujuan untuk menjaga ketertiban umum dan keindahan kota.

Tidak itu saja, penertiban ini juga untuk mencegah terjadinya kecelakaan lalulintas yang diakibatkan hewan ternak yang berkeliaran. 

"Ini (penertiban hewan ternak) juga untuk menegakkan Perda Nomor 8 Yahun 2013 tentang Penertiban Hewan Ternak,"jelas Taufik, Kamis (25/1).

Diakuinya, sudah banyak pengaduan maupun keluhan dari masyarakat dan pengendara yang mengatakan, banyak ternak berkeliaran di sepadan jalan dan perkarangan rumah masyarakat.

Atas laporan masyarakat ini, lanjut Taufik, dia langsung menurunkan anggotanya untuk melakukan razia ternak yang berkeliaran tersebut. "Razia kali ini, kita berhasil mengamankan 5 ekor kambing,"ujarnya. 

"Ada dua orang anggota kita yang kena seruduk, Alhamdulillah, mereka hanya mengalami ruka ringan, "katanya lagi. 

Untuk ternak yang terjaring razia, lanjut Taufik, langsung dibawa ke Kantor Pol PP untuk dilakukan penahanan sementara. "Nanti pemiliknya akan kita panggil untuk proses lebih lanjut, "ucapnya. 

Saat ditanya media ini jika pemilik ternak tidak mengindahkan pemanggilan dan tidak mengambil ternaknya, Taufik mengatakan, "Sesuai aturan, dalam beberapa hari kedepan jika ternak (kambing) tersebut tidak diambil atau diurus sama pemiliknya, maka kita berhak untuk melelangnya. Tentu hal ini sesuai dengan aturan yang berlaku, "kata dia. 

"Yang jelas akan kita kordinasikan dengan Dinas Peternakan Perikanan dan Perkebunan,"ucapnya.

Agar tidak ada lagi hewan ternak yang berkeliaran bebas, Taufik menghimbau kepada seluruh pemilik ternak agar mengkandangkan hewan ternaknya. 

"Yang jelas penertiban ini akan menjadi agenda rutin kita sampai tidak ada lagi ternak yang berkeliaran bebas dijalanan dan tempat-tempat umum,"tuturnya. (p01) 

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement