Tuesday, 30 January 2018

author photo
PORTALTEBO.com - Berdasarkan data dari astronomis menyatakan bahwa Rabu besok (31/12018) terjadi Gerhana Bulan Total (GBT). 

Hampir seluruh wilayah Indonesia diperkirakan dapat mengamati gerhana ini. Puncak gerhana diperkirakan terjadi pada pukul 20.29.49 Wib dan berakhir pada pukul 21.11.11 Wib. 

Sehubungan dengan itu, Dirjen Bimbingan Masyarakat Islam menyerukan agar seluruh umat Islam melakukan sholat sunnah gerhana secara berjamaah, dan melakukan khotbah sesuai tuntunan Nabi Muhammad SAW, dan dianjurkan sunnah muakkadah untuk bertakbir terlebih dahulu. 

Selain itu dianjurkan juga untuk memperbanyak zikir, istighfar, sedekah dan amal-amal kebajikan lainnya. Selain itu menghimbau agar umat Islam berdoa untuk keselamatan bangsa dan negara. 

Adanya himbaun dari Dirjen ini dibenarkan oleh Zoztafia Kamenag Tebo. Dia mengaku tentang seruan sholat gerhana ini telah disampaikan kepada KUA masing-masing Kecamatan se Kabupaten Tebo.

Pada seruan itu, Zoztafia mengintruksikan agar KUA kecamatan mengintruksikan kepala penyuluh agama Islam non PNS dan pegawai syara untuk melakukan sholat gerhana di wilayah masing-masing. 

"Kita di kabupaten memang tidak melaksanakan sholat gerhana, tapi kita sudah mengintruksikan kesetiap KUA untuk melaksanakannya, "ujar Zoztafia dikonfirmasi media ini di ruang kantornya, Selasa (30/1/2018).

"Nanti KUA yang mengkoordinir pelaksanaan sholat gerhananya, "singkat dia mengakhiri. (p06) 
Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement