Saturday, 13 January 2018

author photo
PORTALTEBO.com - Selain bangunan mewah lengkap dengan taman dan serana olahraga, ternyata ada yang menarik jika kita berkunjung ke rumah dinas (Rumdis) Bupati Tebo. Pasalnya, di Rumdis yang berada di Km.2 Jalan Lintas Tebo Bungo, tempatnya di Kelurahan Tebing Tinggi, Kecamatan Tebo Tengah, Kabupaten Tebo, Jambi, terdapat penakaran hewan rusa.

Samin Kasubag Rumah Tangga Rumdis Bupati Tebo saat disambangi awak media menjelaskan, penakaran hewan rusa ini dimulai sekitar tahun 2004 yang lalu atau dimasa kepemimpinan M. Majid Muaz menjabat sebagai Bupati Tebo.

"Awalnya ada sepasang (rusa,red) yang kita pelihara. Sekarang sudah berkembang menjadi 9 ekor. Yang paling muda umurnya sekitar 1 tahun. Kalau yang paling tua saya lupa berapa umurnya, "jelas Samin saat dikonfirmasi sejumlah wartawan, Sabtu (13/1/2018).

Pria berkaca mata yang sudah hampir 14 tahun mengurus rumah tangga Bupati Tebo ini mengatakan, 9 ekor rusa tersebut dirawat oleh 1 orang Cleaning Servis (CS) yakni Jeki. 

Rusa tersebut dipelihara didalam kandang berkontrusi besi dan kawat dengan ukuran 20X40 M. Untuk lokasi kandang berada di areal belakang Rumdis. "Mulai dari penyediaan pakan dan perawatan kandang Jeki yang urusnya, "katanya. 

Untuk pakan, lanjut dia, rusa ini paling suka menkonsumsi daun mendarung atau bahasa Jawanya daun anggrung. Meski tergolong tanaman liar, namun daun ini sangat sulit didapat disaat musim kemarau. "Kendala kita saat musim kemarau saja. Solanya sulit untuk mencari pakannya. Untungnya selain daun mendarung, rusa mau juga makan tumbuhan lain, salah satunya rumput, "tuturnya. 

Disinggung siapa saja pejabat yang pernah dan suka melihat rusa tersebut, Samin bilang, "Dulu, mantan Gubernur Jambi Zulkifli Nurdin setiap berkunjung ke Tebo, beliau selalu menyempatkan diri melihat rusa ini. Begitu juga Danrem Gapu yang dulu, saya lupa namanya, sering juga lihat rusa ini, "jelas Samin lagi. 

Pantauan media ini, tampak kolam berkurang 40X10 Meter berada di tengah kandang rusa. Dari 9 ekor rusa, terlihat 7 ekor berkeliaran didalam kandang dan 2 ekor lagi berkeliaran diluar kadang.

Selain itu, tampak juga beberapa titik kandang kondisinya sudah mulai mengalami kerusakan. "Iya ada beberapa dinding kandang yang rusak dan ini sudah saya usulkan untuk diperbaiki, "tutupnya. (p01) 
Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement