Thursday, 28 December 2017

author photo
Kades dan perangkat desa photo bersama 
PORTALTEBO.com - Desa Aburan Batang Tebo yang berada diwilayah Kecamatan Tebo Tengah, terus melakukan giat pembangunan demi kesejahteraan ribuan masyarakat

Aburan Batang Tebo yang memiliki jumlah penduduk berkisar 4000 jiwa ini sangat menikmati dan merasakan pemerataan pembangunan selama Anggaran Dana Desa dan Dana Desa (ADD-DD) dikucurkan untuk peningkatan pembangunan Desa

Dulunya, sebelum DD dan ADD ada, Desa Aburan Batang Tebo yang terdiri dari 4 dusun ini cukup tertinggal dibandingkan desa yang letaknya jauh dari Ibukota Kabupaten. Namun, berkat program Pemerintah Republik Indonesia yang membangun mulai dari Dusun atau Desa, kini Aburan Batang Tebo sudah bisa bersaing dengan desa-desa lainnya dalam hal pembangunan dan kesejahteraan ekonomi.

Serana air bersih yang dibangun dari dana DD 
Kepala Desa Aburan Batang Tebo, Tarmizi, Amd menyatakan, program DD dan ADD serta program Pemerintah Provinsi Jambi dan Kabupaten Tebo, sungguh sangat membantu masyarakat. Peningkatan disegala bidang, kini sudah dirasakan, mulai dari peningkatan air bersih, penerangan, sarana jalan, sekolah, kesehatan, serta sarana-sarana lainnya termasu sarana beribadah.

"Tahun 2017 ini, pemerintah mengucurkan bantuan DD dan ADD sebesar 1,4 Milyar, dan untuk kesejahteraan masyarakat, semua dilakukan, anggaran DD dipergunakan sebaik-baiknya untuk pembangunan fisik desa, begitu juga dengan ADD, dipergunakan untuk peningkatan ekonomi masyarakat,"ungkap Tarmizi yang didampingi oleh sekretaris desa (sekdes) Agus Salim serta Robby Mardiansyah selaku Ketua Tim Pelaksana Kegiatan (TPK).

Robby, ketua TPK menyebutkan, dari DD yang jumlahnya mencapai 800 juta, Desa Aburan Batang Tebo membangun, Pos Kesehatan Desa (Poskesdes), Rehab/perbaikan Posyandu, pembangunan jalan rabat beton di seluruh dusun dengan jumlah 7 titik.

"Selain itu, kita juga membangun drainase, serta membangun Penyediaan Air Bersih Untuk Masyarakat (Pamsimas), dan untuk peningkatan sarana olahraga didesa, dengan membuat lapangan Volly Ball,"terang Robby ramah.

Warga saat cek hasil pekerjaan drainase 

Desa Aburan Batang Tebo memiliki lebih kurang 1600 Kepala Keluarga (KK), yang tinggal di 4 dusun yakni Dusun Pesajian Pinang Baris, Aburan Sos, Aburan Seberang dan Dusun Sungai Tilan Teluk Tanah Liat. Desa Aburan Batang Tebo ini terbagi menjadi dua wilayah yang dipisahkan oleh air Sungai Batang Tebo.

"Untuk saat ini, sarana infrastruktur di Aburan Batang Tebo ini sangat bagus, termasuk untuk transportasi penyebarangan menuju dusun Aburan Seberang dan Dusun Tilan Teluk Tanah Liat. Banyak alat transportasi penyebarangan yang disediakan warga masyarakat berupa ketek penyebarangan,"tutur Tarmizi yang menambahkan akan terus membuat program kerja dan program pembangunan untuk kepentingan masyarakat Aburan Batang Tebo. (adv) 
Warga desa Aburan Batang Tebo swakelola bangun jalan rabap beton dari dana desa

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement