Monday, 18 December 2017

author photo
PORTALTEBO.COM-Untuk memastikan Partai Politik menjadi peserta Pemilu 2019, Partai Politik atau Parpol akan mengikuti sejumlah tahapan yang telah ditetapkan oleh KPU RI dalam Peraturan KPU Nomor 7 Tahun 2017.

Adapun untuk tahapan dimulai dengan pengumuman pendaftaran pada 1 Oktober 2017, kemudian dilanjutkan dengan penelitian dan perbaikan administrasi yang telah berlangsung. Sedangkan untuk verifikasi faktual sedang berlangsung hingga 4 Januari 2018.

"Untuk penetapan parpol oleh KPU RI yaitu pada 17 Februari 2018, sedangkan pengundian dan penetapan nomor urut pada tanggal 18 Februari 2018,"kata Ahdiyenti Komisioner KPU Tebo. Adapun untuk detail jadwal dan tahapan Pemilu 2019 klik DISINI

Seperti diberitakan sebelumnya bahwa sejak tanggal 15 Desember lalu hingga 4 Januari mendatang pihak KPU Kabupaten Tebo masih melakukan verifikasi faktual terhadap Partai Politik guna memastikan keabsahan persyaratan sehingga dapat dinyatakan lolos oleh KPU RI. 

Ketua KPU Tebo Basri melalui anggotanya Ahdiyenti saat dikonfirmasi pada Senin (18/12) mengatakan bahwa untuk saat ini masih dalam tahap verifikasi faktual. Dimana dalam hal ini selain keberadaan kantor, KPU juga memeriksa keabsahan Pengurus Parpol, Keanggotaan Parpol dan Keterwakilan Perempuan 30 Persen. 

Saat ditanya apakah setelah proses verifikasi ini akan diumumkan lolos verifikasi, Ahdiyenti menjelaskan bahwa sesuai dengan tahapan setelah verifikasi ini nanti Parpol yang masih belum memenuhi persyaratan masih akan memiliki kesempatan melakukan perbaikan hingga diumumkan pada Februari 2018 mendatang.

"Masih ada beberapa tahapan lagi, untuk pengumuman lolos verifikasi yaitu pada Februari 2018,"terang Ahdiyenti.

Dijelaskannya lagi bahwa dalam Peraturan KPU Nomor 7 Tahun 2017 bahwa pengumuman partai politik peserta pemilu yaitu pada tanggal 18 sampai dengan 20 Februari 2018.(p01)

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement