Monday, 4 December 2017

author photo
PORTALTEBO.com - Terletak di wilayah Kelurahan Sungai Bengkal Kecamatan Tebo Ilir, Sumber Air Panas yang mulai dibangun oleh Pemerintah Kabupaten Tebo belakangan ini terlihat mulai ramai didatangi oleh pengunjung.

Selain dikarenakan lokasinya dekat dan mudah dijangkau bahkan hanya berjarak sekitar ratusan meter dari jalan Lintas Tebo-Jambi, sumber air panas ini juga telah dibangun sehingga kendaraan baik itu roda dua maupun roda empat sudah bisa sampai ke lokasi.

Kebanyakan pengunjung datang bersama keluarga untuk melihat langsung sumber air panas yang katanya bisa menghilangkan penyakit gatal dan reumatik.

Di lokasi tersebut juga sudah dibangun jalan setapak dan gazebo-gazebo yang membuat pengunjung bisa berkeling dan beristirahat bersama keluarga.


Menurut salah satu pengujung yang berasal dari Tebo, Wahyuni yang membawa anak-anaknya, dirinya sengaja ke sumber air panas untuk melihat langsung dan merendamkan kaki yang katanya bisa menghilangkan penyakit gatal dan rematik.

"Saya bersama keluarga memang sengaja datang untuk melihat langsung, dan merendam kaki" ujarnya.

Namun dirinya agak sedikit kecewa dengan kondisi air panasnya yang kotor dan dipenuhi lumpur bahkan sulit untuk merendam kaki. "Sayang sekali banyak lumpurnya, jadi terkesan kotor. Sepertinya baru kebanjiran, "kata dia.

Kondisi air yang berlumpur dan kotor ini dibenarkan oleh Frengky warga sekitar. "Ingin membersihkanya, tapi takut akan menghilangkan atau mengurangi panasnya," kata Frengky.

Untuk itu dia berharap kepada Pemkab Tebo untuk mencari solusi agar lokasi air panas tersebut bisa rapi dan bersih.

Walaupun dengan kondisi yang demikian, tidak sedikit juga pengunjung yang mencoba merendam kaki mereka ke air yang suhunya cukup panas namun tidak membahayakan.

Malahan kebanyak orang juga heran dari mana sumber atau asal air panas tersebut padahal di daerah tersebut tidak ada gunung vulkanik.

Hal tersebutlah yang membuat sumber air panas Sungai Bengkal menjadi tujuan warga Tebo, selain ingin menghilangkan penasaran juga ingin mengobati penyakit gatal-gatal dan rematik mereka.


Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Tebo,  Mardiansyah mengakui bahwa kondisi sumber air panas Sungai Bengkal memang sedikit kotor. Namun, kata dia, pihaknya masih berkoordinasi dengan para ahli untuk mencari solusi tersebut.

"Kita sudah berencana untuk membersihkannya sebelum kita bangun kolamnya kemarin, tapi kita takut akan mempengaruhi air panasnya,  jadi saat ini kita masih berkoordinasi dengan para ahli, untuk mencari solusi tentang hal tersebut" kata Mardiansyah.

"Jika nantinya menurut ahli tidak berpengaruh jika dibersihkan, nanti akan kita bangun sebaikanya dan akan kita bersihakan bahkan kita akan menggandeng pihak desa setempat dalam lengelolaannya,"pungkasnya. (red) 

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement