Tuesday, 19 December 2017

author photo
PORTALTEBO.COM-Beberapa hari ini warga dibeberapa kecamatan sempat bingung dengan kehadiran petugas berpakaian orange dan dinas kerumah-rumah warga. 

Seperti dikatakan warga Desa Teluk Singkawang yang melihat sejumlah petugas turun kelapangan ini, Wanita lania yang dipanggil Nyai (panggilan kedaerahan,red) sempat bertanya ada apa gerangan mencari Sabariah dengan penuh tanya. 

"Eh kemano miko (kamu,red) ko, ado apo dengan Biah (Sabariah,red). Nyo pegi  tadi tu,"ujar warga tersebut keheranan. 

Kondisi inipun juga terjadi disejumlah desa lainnya, baik itu di Desa Tambun Arang, Desa Teluk Langkap, maupun Desa Teriti. Dimana terlihat warga sekitar yang melihat tim turun merasa bertanya-tanya meskipun Panwas dan KPU seyogyanya telah hadir dilapangan menggunakan seragam dan tanda pengenal.

Dilapangan,  Anggota Panwas Pemilu Kabupaten Tebo Masri S Ag kepada menegaskan bahwa pihaknya bersama Panwas Kecamatan turun kelapangan melakukan pengawasan tahapan verifikasi faktual Anggota Partai Polotik yang dilakukan oleh KPU Kabupaten Tebo.

"Kita melakukan pengawasan verifikasi faktual yang dilakukan KPU, verifikasi ini sesuai tahapan akan berlangsung hingga tanggal empat Januari mendatang,"jelas Masri. 

Sementara itu dari informasi yang dirangkum awak media inipun, pada pelaksanaan tahapan verifikasi faktual keanggotaan partai politik calon peserta Pemilu tahun 2019 dilakukan mulai pada 16 desember tahun 2017 dan berakhir pada 4 januari 2018.

Salah satu komisioner KPUD Tebo, Ahdiyenti saat dikonfirmasi mengatakan bahwa hingga saat ini KPUD Tebo masih tahapan Verifikasi faktual keanggotaan partai politik calon peserta pemilu tahun 2019, dari beberapa anggota partai yang difaktualkan, masih ada temuan karena yang bersangkutan tidak berada ditempat. Namun, untuk keputusan masih belum ditetapkan karena akan ada faktual ulang. 

"Temuan ada beberapa anggota partai yang tidak ditemui karena tidak berada di tempatnya, pihak KPU masih menunggu dan melakukan faktual ulang," ujarnya. 

Ahdiyenti menjelaskan, dalam pelaksanaan verifikasi faktual ulang jika ada anggota partai yang masih tidak berada ditempat maka akan dilakukan beberapa upaya sebelum masa berakhir verifikasi selesai pada awal tahun depan dengan beberapa tahapan yang berhubungan dengan anggota partai. 

"Terakhir kalau tanggal 4 januari mendatang apabila tidak di temui saat dilakukan faktual, akan ada keputusan tidak memenuhi syarat (TMS,red) dengan upaya terlebih dahulu seperti menemui pihak keluarga, menunggu anggota partai yang menjadi target faktual dan jika tidak ditemukan meminta partai untuk menghadirkan,"bilangnya.(p07)
Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement