Belum Berikan Bantuan Kepada Korban Bajir, Ini Alasan Dinsos Tebo

- 08:18:00
advertise here
PORTALTEBO.com - Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Tebo belum mengeluarkan bantuan dalam bentuk apapaun. Pasalnya, hingga saat ini pihaknya belum menerima laporan terkait situasi atau kondisi tanggap darurat korban kebanjiran yang termasuk kriteria untuk dibantu.

"Ada laporan tapi hanya sebatas banjir lewat saja, sebab yang kita bantu itu jika banjir sudah lebih dari tiga hari,"ujar Kepala Dinas Sosial Tebo melalui Suudah.

Dijelaskanya bahwa untuk beberapa informasi banjir yang diterimanya, banjir naik selama dua hari kemudian surut, dan itu tidak diberi bantuan. Namun jika nanti BPBD menyerahkan laporan ada desa yang harus dibantu maka pihak Dinsos siap turun.

"Kalau banjir beberapa hari ini dua hari sudah surut, jadi kita tunggu informasi dari BPBD, kita siap turun salurkan bantuan untuk korban kebanjiran," tegasnya.

Sementara itu tingginya curah hujan sepekan terakhir membuat hulu sungai batang merangin hingga batang tabir terus meluap. Akibatnya beberapa desa dikecamatan Muara Tabir masuk status siaga. Desa tersebut adalah Tanah Garo, Olak Kemang, Tambun  Arang,  Pintas Tuo, Embacang Gedang, Bangko Pintas berstatus waspada.

Muklis warga Desa Bangko Pintas Muara Tabir mengungkapkan, debit air sungai batang tabir setiap harinya terus meningkat. Peningkatan debit air setiap hari antara 10 cm hingga 15 cm. Terlebih kata dia intensitas hujan sepekan terakhir terus meningkat.

"Lah seminggu nih tiap malam pasti hujan. Semalam hujan lebat nian, kemarin air belum masuk, ha kini ko lah teganang lantai kami," bebernya saat ditemui koran ini, Minggu (26/11) lalu.

Sementara itu Heru Purnomo, Camat Muara Tabir mengatakan jika saat ini kondisi banjir di wilayahnya sudah berangsur menyurut,"Sudah mulai surut. Ketinggian air sudah menurun,"singkat Heru. (p02)