Thursday, 16 November 2017

author photo
PORTALTEBO.com - Salah satu komponen penting dalam mempromosikan daerah adalah dengan kesenian tradisi. Seperti yang dilakukan warga desa Teluk Pandak Kecamatan Tebo Tengah.

Untuk mempromosikan desanya, sudah satu tahun ini Pemerintah Desa (Pemdes) Teluk Pandak mengembangkan kesenian desanya,  yakni kompangan.

Tim atau kelompok kompangan dengan nama Saiyo Sekoto ini dibimbing langsung oleh Pemdes Teluk Pandak, dan diasuh oleh dua orang pemuda yakni Bangly dan Fauzan.

Meski baru berusia satu tahun, keberatan kompangan Saiyo Sekoto sudah cukup dikenal wilayah Tebo, khusunya di kecamatan Tebo Tengah.

Pasalnya, pada festival atau lomba MTQ tingkat Kecamatan Tebo Tengah beberapa bulan yang lalu, tim kompangan ini mampu meraih juara II.

"Alhamdulillah, pada penampilan perdana kita saat festival  MTQ tingkat kecamatan kemarin, kita berhasil memikat penonton. Buktinya kita mendapat juara II, "kata salah seorang warga desa Teluk Pandak.

Saat ini pun kompangan Saiyo Sekoto terus mengembangkan potensi dengan melaksanakan latihan rutin. Tidak itu saja, tim kompangan ini juga terus merangkul pemuda dan anak-anak desa setempat untuk ikut mengembangkan kesenian tradisional ini.

"Ini adalah kesenian tradisional kita, jadi sudah semestinya kita kembangkan dan kita kenalkan kepada masyarakat luas,"kata dia.

"Setidak-tidaknya, dengan kompangan ini bisa memberikan kegiatan positif bagi pemuda dan anak-anak di desa kami, "tutupnya. (p08) 

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement