Tuesday, 10 October 2017

author photo
PORTALTEBO.com - Perusahaan perkebunan kelapa sawit PT.Persada Alam Hijau (PAH) Kelurahan Sungai Bengkal Kecamatan Tebo Ilir memberikan kompensasi sebesar Rp 58 Ribu Per Hektar kepada petani mitranya yang tergabung dalam Koperasi Unit Desa Olak Gedong Melako Intan (KUD OGMI).

"Itu adalah hasil kesepakatan antara manajemen PT.PAH, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan Pengurus Koperasi yang difasilitasi oleh Pemkab melalui Disbunnakkan Tebo," ujar Gempur Purnomo, Kabid Bina Usaha Perkebunan Dinas Perkebunan, Peternakan dan Perikanan (Disbunnakkan) Tebo kepada Jambione, usai pertemuan diaula kantor Disbunnakkan Tebo, Selasa (10/10/2017).

Lanjutnya, penyebab keterlambatan pembagian hasil ini adalah akibat kelalaian pihak perusahaan, maka dari itu PT.PAH bersedia memberikan biaya kompensasi sebesar Rp 58 ribu per hektar setiap bulannya terhitung sejak bulan September 2017.

"Bukan dana talangan lagi yang menjadi hutang sebagaimana yang diterima petani selama beberapa tahun terakhir ini," tambahnya.

Disepakati juga, kata Gempur lagi bahwa terhitung bulan Oktober dan seterusnya pembagian hasil akan dihitung berdasarkan hasi Tandan Buah Segar (TBS) sawit dari HGU Koperasi seluas 715 hektar.

"Yang perhitungannya mendapat persetujuan dari pihak Koperasi untuk menjamin transfaransi dalam pengelolaan kebun KUD OGMI," pungkasnya. (p11) 

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement