Wednesday, 4 October 2017

author photo
PORTALTEBO.com - Tahun 2017 ini, Pemkab Tebo menganggarkan dana sebesar Rp 1,6 miliar untuk Program Rencana Detail Tata Ruang (RDTR).

RDTR ini diperuntukkan untuk dua ibu kota kecamatan atau dua desa yakni desa Teluk Singkawang Kecamatan Sumay dan desa Pintas Tuo Kecamatan Muara Tabir.

Sekretaris Bapelitbangda melalui Subbid Sarpras Bapelitbangda Heri dengan didampingi Stafnya Dian Saputra mengatakan, saat ini program RDTR dalam tahap penyusunan dengan target selesai pada Desember 2017 ini.

"Untuk tahun ini Kecamatan Sumay dan Muara Tabir, dan ini hanya untuk Ibu Kota Kecamatan saja. Saat ini sudah mulai dilaksanakan, tahap pendahuluan. Sekarang dalam proses tahap penyusunan,"ujar Dian Saputra, Rabu (3/10/2017).

Dijelaskannya, RDTR ini nantinya akan memuat rencana detail kawasan ibukota kecamatan, termasuk kawasan industri.

Selain pihak pemerintah, program ini juga melibatkan masyarakat dan Bappeda serta PU Provinsi. "Saat dokumen telah selesai, dan jika memungkinkan dari pihak pusat kita undang untuk memberikan masukan,"kata dia.

"Jadi detailnya untuk Sumay fokus ke ibu kota kecamatan Desa Teluk Singkawang, Muara Tabir untuk Desa Pintas Tuo. Sebab jika kita garap menyeluruh wilayah dua Kecamatan tersebut terkendala anggaran. Anggaran yang ada saat ini dengan luas lebih kurang 3000 hektar,"katanya lagi.

Ditambahkan lagi oleh Heri Subbid Sapras Bapelitbangda bahwa Penyusunan RDTR tidak terlepas dari RTRW, dimana nanti ini akan mengarah kepada perizinan. "Jadi ini lebih detail dari RTRW, ini kaitannya akan mengarah ke perizinan. Pasalnya, sesuai UU Tata Ruang, dan sesuai anggaran bertahap kita susun,"tambah Heri.

Untuk diketahui secara detail pada Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (Sirup) bahwa untuk Program RDTR ini untuk Penyusunan Data Citra RDTR Kecamatan Sumay Rp 200 Juta, Penyusunan Data Citra RDTR Muara Tabir 200 Juta, Penyusunan RDTR Kecamatan Sumay Rp 625 Juta dan Penyusunan RDTR Kecamatan Muara Tabir Rp 625 Juta. (red) 

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement