Hati-hati, Keripik Jamur Snack Good Mengandung Narkotika Golongan 1

- 16:01:00
advertise here
Photo : Kemasan keripik Snack Good yang mengandung Psilosibin atau yang dikenal dengan magic mushroom tergolong norkotika golongan 1 yang saat ini beredar di pasaran


PORTALTEBO.com - Badan Pengawas Obat-obatan dan Makanan (BPOM) telah menguji kandungan keripik jamur Snack Good. Hasilnya sangat mengejutkan. Ternyata Snack Good mengandung psilosibin sp atau dikenal sebagai magic mushroom, yang menyebabkan efek halusinasi.

Dikutip dari website http://www.pom.go.id, BPOM menyebut Snack Good terbuat dari jamur psilosibin. Jamur ini tumbuh secara alami di kotoran hewan, lumpur dan ranting kayu busuk. Jamur ini dikenal masyarakat awam dengan nama jamur tahi sapi.

Berdasarkan literatur, jamur tahi sapi mengandung bahan aktif psilosibin dan psilosina yang termasuk ke dalam narkotika golongan 1.

Psilosibin mempunyai sifat halusinasi dan dapat mengubah suasana hati (mood), mengubah persepsi diri dan dunia sekeliling. Selain itu, zat ini dapat membuat seseorang meluapkan perasaan baik rasa senang maupun rasa sedih.

BPOM menyebut produk tersebut tidak terdaftar atau tidak mempunyai izin edar. Produk ini tidak memiliki nomor izin edar BPOM dan nomor izin edar dari Dinas Kesehatan.

Apabila produk tersebut ditemukan di peredaran maka dapat dikategorikan sebagai produk pangan ilegal. BPOM bersama instansi terkait akan terus mendalami kasus ini untuk mencegah beredarnya produk yang dapat berpotensi buruk terhadap kesehatan. (red)