Wednesday, 4 October 2017

author photo
PORTALTEBO.com - Sebanyak 15 perusahaan perkebunan kelapa sawit di Tebo, bermasalah dengan petani. Hal ini disampaikan Kepala Bidang Bina Usaha Dinas Perkebunan, Peternakan dan Perikanan (Disbunnakkan) Tebo, Gempur Purnomo.

"Menurut data yang kita peroleh dari para petani terdapat 15 perusahaan di Kabupaten Tebo  yang bermasalah," ujar gempur saat dikonfirmasi, Selasa (3/10/2017).

Nama-nama perusahaan yang bermasalah tersebut adalah PT. Regunas Hari Utama, PT. Tunas Lestari Sejati, PT. Sumber Andalas Kencana, PT. Perkebunan Nusantara VI, PT. Tebo Indah, PT. Sari Aditya Loka, PT. Persada Harapan Kahuripan, PT. Satya Kusuma Usaha, PT. Tebo Plasma Intilestari, PT. Agrowiyana, PT. Mega Sawindo Perkasa, PT. Persada Alam Hijau, PT. PP. Bacabang Indonesia, PT. Tebo Alam Lestari, PT. Bintang Selatan Agro.

“15 perusahaan ini sudah menjadi cacatan kita, permasalahan pada umumnya terkait kemitraan yaitu tata kelola bagi hasil dengan para petani," lanjut Gempur.

Seharusnya menurut Gempur, perusahaan dan mitranya (koperasi,red) dalam hal ini wajib memberikan rincian uang masuk dan uang keluar, supaya para petani tidak salah paham. "Perusahaan harus transparan dengan petani, kalau tidak masalah bagi hasil tidak akan pernah terselesaikan," pintanya. (red) 

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement