Pasca OTT Kepsek, Kajari Sarankan Sumbangan Melalui Mekanisme Komite Sekolah

- 19:28:00
advertise here
PORTALTEBO.com - Terkait permintaan Sukandar Bupati Tebo agar aparat penegak hukum lindungi guru di Tebo, langsung ditanggapi oleh Teguh Suhendro Kajari Tebo.

Kajari menjelaskan, jika sifatnya sumbangan sukarela yang diperuntukan bagi kepentingan sekolah, maka tidak akan bermasalah.

Namun Teguh menyarankan agar sumbangan tersebut melalui mekanisme komite sekolah. "Demi keberlangsungan proses belajar mengajar. Sepanjang tidak ada niat jahat dari bapak ibu, silahkan,"ujar Kajari, Selasa (5/9/2017).

"Peraturan dan undang-undang dibuat untuk mencegah semua yang punya niat jahat. Jika sumbangan itu untuk kepentingan sekolah, baiknya melalui mekanisme komite sekolah, "tutup Kajari.

Pasca diamankannya salah satu oknum kepala sekolah oleh Tim Saber Pungli Tebo, sejumlah guru dan kepada sekolah merasa was-was dengan adanya sumbangan yang dibebankan pihak sekolah kepada siswa. Pasalnya sumbangan tersebut dapat mengarah kepada pungutan jika tidak melalui mekanisme yang tepat.

Para guru dan kepada sekolah pun berharap adanya payung hukum yang diberikan pemerintah daerah Tebo terkait batasan sumbangan.

" Nanti kita akan bicarakan dengan Muspida terkait, seperti apa payung hukumnya," ujar Bupati Tebo Sukandar Selasa (5/9/2017).

Sukandar berharap jika memang ada indikasi pungutan kepada orang tua siswa agar segera ditindaklanjuti dan diproses secara hukum, namun jika sifatnya sumbangan agar pihak sekolah tidak mendapat sanksi.

" Jika sifatnya sumbangan tolong lindungi guru yang ada di Tebo," pinta Sukandar mengakhiri. (p09)