Diduga Virus ND Mulai Menyerang Ternak Ayam, Disnak Tebo Akui Sudah Menangani 109 Kasus

- 09:36:00
advertise here
PORTALTEBO.com - Newcastle Disease (ND) atau yang dikenal dengan Tetelo sangat rentan menyerang unggas jenis ayam. ND ini merupakan penyakit yang sangat menular dengan resiko kematian yang tinggi.

Wabah penyakit ND seringkali terjadi pada kelompok ayam yang tidak memiliki kekebalan tubuh. Kerugian yang ditimbulkan oleh penyakit ND antara lain berupa kematian ayam, penurunan produks telur pada ayam petelur, gangguan pertumbuhan dan penurunan berat badan pada ayam pedaging

Di Kabupaten Tebo, dari data dinas Perkebunan Peternakan dan Perikanan Kabupaten Tebo, sejauh ini jumlah laporan yang disampaikan petugas sudah 109 kasus terduga terjangkit penyakit ND.

Dugaan ND ini pun disarankan dengan pemisahan agar tidak menular dengan ayam lainnya.

ND ini menyerang  pernafasan dan saraf pada ayam sehingga cukup mengkhawatirkan. " Biasanya jika dalam satu komunitas dan tercampur akan tertular," ujar Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan, Joko Handoko.

Dijelaskannya, ciri ayam yang terkena virus ini akan mengalami gejala pilek, sayap lemas dan kepala terkulai. " Dan yang paling sering mati adalah ayam muda karena tubuhnya belum kuat," jelas Joko.

"Untuk antisipasi virus ini adalah dengan memberi vaksin pada ayam, "pungkasnya. (p08)