Saturday, 23 September 2017

author photo
Oleh Fauziah Syahraani

Culture atau Budaya merupakan suatu cara hidup yang berkembang, dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang, dan diwariskan dari generasi ke generasi (Wikipedia). Tak terhitung kebudayaan yang ada di seluruh dunia, mulai dari unik sampai extreme.

Kita bangsa Indonesia juga memiliki kebudayaan yang beragam. Budaya tidak hanya sekedar tentang tari-tarian, baju adat, lagu daerah dan lain-lain, namun kebiasaan juga dapat di katakana sebagai budaya. Seperti pengertian yang di berikan oleh Wikipedia tadi bahwa budaya itu sebuah cara hidup.

Setiap daerah atau negara pasti memiliki budaya yang berbeda-beda, sebagai contoh di negara Amerika kita sering mendengar seorang anak memanggil ayah nya dengan sebutan nama, namun hal tersebut biasa bagi mereka, lain hal nya di negara kita Indonesisa hal tersebut sangat tabu dan terkesan sangat tidak sopan. Maka dari itu menjadi penting bagi kita untuk memahami kebudayaan yang berkembang di tempat tersebut.

Cultural Understanding atau Pemahaman budaya dapat menjadi jembatan penghubung untuk masuk dalam sebuah kebudayaan baru. Apalagi kita sebagai mahasiswa yang ingin melanjut kan study atau ingin melamar beasiswa ke Negara tertentu, cultural understanding menjadi wajib untuk di pelajari. Ada banyak hal yang perlu di pelajari mulai dari budaya makan, bertamu, berbicara dan masih banyak lagi.

Prosedur dasar untuk memahami suatu kebudayaan tidak lain adalah dengan mempelajari nya. Terdengar enteng, namun nyatanya hal ini bisa sangat sulit untuk di lakukan. Karena kita harus melihat suatu hal yang hanya menjadi bagian dari seseorang secara menyeluruh dan objektif. Hal pertama yang dapat di lakukan bisa dengan mengamati secara langsung cara yang terpola dalam melakukan sesuatu. Namun cara simple dan paling sering di lakukan ya bertanya dengan “mbah google” hehe, hal ini sah-sah saja dilakukan selama kita tahu bahwa sumber yang kita dapat adalah sumber terpercaya.

Kita memang berbeda, namun bukan untuk dibeda-bedakan. Perbedaan tersebut merupakan anugerah yang patut kita hormati, akui, dan kita hargai sebagai sebuah realitas sosial yang tidak bisa kita tolak, yang terpenting bagi kita semua adalah adanya kemauan untuk memahami, menghargai, mengakui dan menerima keberagaman yang sudah menjadi realitas social tersebut. Akhir nya cultural shock bisa kita hindari dengan cara memahami dan mau bersikap terbuka terhadap keberagaman yang semakin kompleks.

Seperti kutipan berikut ini “Culture makes people understand each other better. And if they understand each other better in their soul, it is easier to overcome the economic and political barriers. But first they have to understand that their neighbour is, in the end, just like them, with the same problems, the same questions.” — Paulo Coelho. (Budaya membuat orang lebih saling memahami. Dan jika mereka lebih mengerti satu sama lain dalam jiwa mereka, lebih mudah untuk mengatasi hambatan ekonomi dan politik. Namun awalnya mereka harus memahami bahwa tetangga mereka, pada akhirnya, seperti mereka, dengan masalah yang sama, pertanyaan yang sama.)


*Mahasiswi Fakultas Adab dan Humaniora UIN STS Jambi

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement