Aliansi Umat Islam Tebo Gelar Aksi Peduli Muslim Rohingya

- 16:45:00
advertise here
PORTALTEBO.com - Aliansi Umat Islam (AUI) Kabupaten Tebo, gelar aksi Peduli Umat Muslim Rohingya Myanmar. Aksi puncak yang direncanakan pada Jumat (8/9/2017) nanti, telah dimula, hari ini Selasa (5/9/2017), dengan aksi penggalangan dana di simpang III Tugu Kecamtaan Tebo Tengah. Hal ini dikatakan oleh Ahmad Firdaus panitia aksi.

Disampaikan Firdaus yang juga senior HMI Cabang Tebo, puncak aksi Peduli Umat Muslim Rohingya Myanmar adalah melaksanakan doa bersama dan shalat Ghoib di masjid agung Al-Ittihad Muara Tebo, dan melakukan pernyataan sikap secara bersama dengan forum lintas agama yang ada di Kabupaten Tebo.

"Doa bersama, shalat Ghoib dan pernyataan sikap lintas agama ini dilaksanakan pada Jumat tanggal 08 September 2017,"ujar Firdaus.

Usai doa bersama dan shalat Ghoib, lanjut Firdaus, aksi dilanjutkan dengan longmarch berjalan kaki dari masjid agung Al-Ittihad Muara Tebo ke Simpang II Tugu Kecamatan Tebo Tengah.

“Disini (simpang tugu) kita akan membacakan ikrar bersama forum lintas agama. Setelah itu kita kembali lagi ke masjid agung untuk melaksanakan shalat Ashar berjamaah,” jelas dia.

Dikatakan Firdaus, aksi Peduli Umat Muslim Rohingya Myanmar merupakan salah satu bentuk kepedulian dan rasa prihatin masyarakat muslim Tebo terhadap insiden yang terjadi di Myanmar. Dimana, kata dia, umat muslim Rohingya dibantai oleh militer Myanmar.

“Kita minta kepada militer Nyanmar agar segera menghentikan kejahatan kemanusiaan yang dilakukan terhadap etnis muslim Rohingya disana (Myanmar),”pintanya.

Hal yang sama juga dikanatakan oleh Azwar Anas juga senior HMI Cabang Tebo. Dia menghimbau kepada umat muslim Tebo yang berhalangan dan tidak dapat hadir pada aksi tanggal 8 September 2017 nanti, agar bias melaksanakan shalat Ghoib di masjid masing-masing.

“Aksi ini tidak hanya menyangkut umat Islam, tapi juga menyangkut kejahatan kemanusiaan yang tidak diajarkan oleh agama manapun. Untuk itu, mari kita sama-sama menggelar aksi ini,” pungkasnya. (p01)