Wednesday, 27 September 2017

author photo
PORTALTEBO.com - Puluhan warga kembali mendatangi kantor Perusahaan Perkebunan Kelapa Sawit PT. Persada Alam Hijau (PAH) Kelurahan Sungai Bengkal Kecamatan Tebo Ilir, Rabu 27/9/2017).

Sama seperti aksi- aksi sebelumnya, kedatangan puluhan warga yang nota bene adalah mitra PT. PAH ini mendesak agar pihak perusahaan mengeluarkan hasil yang menjadi hak petani sebagaimana perjanjian kerjasama yang sudah disepakati.

"Kami minta agar pihak perusahaan  (PT. PAH, red) segera memberikan hasil kebun yang dimitrakan kepada kami. Sebagaimana hal ini sesuai dengan perjanjian kerjasama yang sudah disepakati bersama,"ujar Isya, salah seorang perwakilan petani. Rabu (27/9/2017)

Dijelaskannya, sebagaimana perjanjian kerjasama seharusnya petani sudah menerima hasil dari lahan yang dimitrakan tersebut ketika kelapa sawit berumur 49 bulan atau 4,1 tahun.

"Kelapa sawit saat ini rata- rata sudah berusia 9 tahun tapi petani belum juga menerima hasil, jadi kemana hasil penjualan Tandan Buah Segar (TBS) sawit yang dipanen perusahaan sejak tahun 2012 silam," tanya Isya.

Dirinya juga mengatakan bahwa petani akan mengambil kembali lahan yang dimitrakan tersebut. Hak itu jika dalam waktu tiga hari kedepan tuntutan para petani belum juga terealisasi.

"Kami akan tarik lagi lahan kami jika tiga hari kedepan tuntutan kami tidak dipenuhi, kami akan patok dan panen sendiri lahan kami masing- masing," tegasnya.

AKP Isnandar, Kapolsek Tebo Ilir saat dikonfirmasi membenarkan adanya aksi tersebut. "Benar, ada kurang lebih 50 orang warga mendatangi kantor PT. PAH sekira pukul 10.00 Wib tadi. Mereka menuntut agar pihak perusahaan segera mengeluarkan hasil yang belum diterima petani hingga saat ini," ujarnya.

"Aksi berjalan aman dan tertib, setelah melakukan pertemuan dengan perwakilan perusahaan yang dimediasi oleh Anggota Polres Tebo, Koramil Sungai Bengkal dan Polsek Tebo Ilir. Sekitar pukul 13.00 Wib puluhan petani tersebut membubarkan diri pulang kerumahnya masing- masing," tutup Kapolsek. (p11)

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement