Thursday, 24 August 2017

author photo

PORTALTEBO.com - Pihak BPMPD menyurati perangkat desa Tambun Arang Kecamatan Sumay untuk segera melaksanakan penggantian antar waktu (PAW) kepala desa tersebut. Hal ini dilakukan pasca pengunduran diri Abdul Halim Hafiz, dari jabatannya sebagai kepala desa Tambun Arang.

Seperti yang disampaikan oleh Kabid Pemdes, Ansori, saat dikonfirmasi diruang kerjanya. Dikatakannya, mundurnya Kades Tambun Arang ini karena dirinya (Kades,red) lebih  memilih jabatan CPNS di kantor Kementerian Agama Kabupaten Tebo, yang beberapa waktu lalu diangkat menjadi CPNS. "Ya benar, Pak Halim lebih pilih PNS nya dari pada menjadi kepala desa," kata Ansori.

Untuk pelaksanaan PAW, lanjut Ansori, desa lah yang menentukan kapan siapnya. Pasalnya, dana untuk melaksanakan PAW di ambil dari APBDes itu sendiri. Dan dana keluar sesuai dengan kebutuhannya.

"Bukan kita yang menentukan pelaksanaannya, karena Dana langsung diambil dari desa," jelas Ansori.

Untuk calon, lanjut Ansori, Sesuai dengan perda no 1 tahun 2016 tentang tata cara pemilihan laporan Pemberhentian pelantikan dan pengangkatan penjabat kepala desa, yaitu calon dibatasi maximal 3 dan minimal 2 orang.

Pemilihannya dengan jalan musyawarah, jika tidak bertemu dengan musyawarah maka dilakukan pemilihan suara yang mana orangnya sudah ditentukan.

"Sesuai Perda aturannya seperti itu, jika nantinya ada pemilihan suara maka orang yang bakal milih diambil dari perwakilan seperti perangkat desa, ketua adat, ketua pemuda, tokoh masyarakat dan perwakilan yang lainnya," jelasnya.

Untuk tahapan pelaksanaan PAW hingga calon terpilih, panitia yang menentukannya. Dan terpilihnya pejabat antar waktu nanti langsung dilantik bupati. (p01) 

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement