Thursday, 10 August 2017

author photo
PORTALTEBO.com - Dua pejabat Pemerintah Kabupaten Minahasa dan pihak ketiga ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan korupsi proyek danau embung.
Penetapan tersangka JT sebagai Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK), TM sebagai pihak ketiga, dan RM sebagai Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) setelah penyidik menaikan status dari penyelidikan ke penyidikan.
"Kami sudah naikkan statusnya menjadi penyidikan dan tadi juga kita sudah menetapkan tiga tersangkanya, namun untuk nama tersangka kita masih rahasiakan lantaran kita belum kirimkan surat panggilan," ujar Kapolres Minahasa, AKBP Syamsubair, Selasa (11/7).
Kapolres menjelaskan, setelah itu akan dilakukan pemeriksaan lebih intensif lagi soal kasus tersebut. Tiga orang yang ditetapkan sebagai tersangka masing-masing JT,"Kan ada tiga embung, namun saat ini kita masih fokus pada satu embung yang ada di Wasian, Kecamatan Kakas, karena baru itu yang didapati bukti otentik kerugian negara yang diperoleh dari hasil Badan Pemeriksa Keuangan (BPK)," jelasnya.
Dari embung di Wasian diperoleh total kerugian mencapai Rp 197 juta. Para tersangka nantinya akan diberikan surat pemberitahuan, kemudian akan dipanggil untuk pemeriksaan tersangka.
Kasat Reskrim Polres Minahasa AKP Edy Kusniadi menambahkan, bahwa hingga saat ini ada 10 saksi yang sudah diperiksa termasuk satu saksi ahli dan tiga tersangka.
"Tersangkanya bisa bertambah lagi, termasuk dengan saksinya bisa bertambah, namun sementara baru itu saja," jelasnya. Ia menjelaskan, dalam kasus ini berkas split atau satu saksi bisa menjadi saksi tersangka lain.
Sehari sebelumnya, Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Minahasa Revly Mambu yang lama dipanggil untuk diperiksa sebagai saksi.
"Itu kan sudah lama dan sekarang lanjutannya, saya ditanyai sekitar sepuluh pertanyaan tadi," jelas dia.
Ia mengatakan, sejauh ini sudah melaksanakan pembangunan embungsesuai dengan prosedur dan petunjuknya pembangunan.
"Kan ada pemeriksaan dari BPK tidak ditemukan pelanggaran, mungkin ada yang melaporkan dan menurut saya itu wajar saja, saya ikuti proses hukum yang berlaku," kelas Mambu. *
TERSANGKA KORUPSI EMBUNG WASIAN
* JT sebagai Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK)
* TM sebagai pihak ketiga
* RM sebagai Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) TM, dan RM.
Sumber TRIBUNMANADO

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement