Thursday, 24 August 2017

author photo
Teguh Suhendro, SH, M.Hum Kajari Tebo saat beri materi sosialisasi TP4D dan DD 
PORTALTEBO.com - Kades se Kabupaten Tebo Provinsi Jambi, dihadirkan di aula utama kantor Bupati Tebo, Kamis (24/8/2017). Hadirnya para Kades ini guna menerima penyuluhan hukum dan penerangan hukum terkait pennggunaan Dana Desa yang kini telah direalisasikan oleh Pemerintan.

Pertemuan yang bertajuk sosialisasi ini dengan nara sumber langsung Kajari Tebo Teguh Suhendro, SH, M.Hum Kepala Dinas PMD Suyadi ini, dibuka langsung oleh Abu Bakar Sekda Tebo.

Selain dihadiri oleh 107 orang kades, tampak hadir para lurah dan camat se Kabupaten Tebo.

Dalam pemaparannya, Kajari Tebo menjelaskan Tugas dan Fungsi Serta Mekanisme Kerja Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D) Kabupaten Tebo.

Selain itu, Kejari menuturkan kehadiran TP4D untuk menghilangkan kekhawatiran kemungkinan adanya kriminalisasi dalam menjalankan program pemerintahan.

Lanjut dia, TP4D memiliki tugas dan fungsi untuk mengawal mengamankan dan mendukung keberhasilan pemerintahan dan pembangunan melalui upaya-upaya pencegahan preventif dan persuasif.

"TP4D juga memberikan penerangan hukum di lingkungan instansi pemerintah, BUMN, BUMD terkait materi tentang perencanaan, pelelangan, pelaksanaan pekerjaan, pengawasan pelaksanaan pekerjaan, perizinan, pengadaan barang dan jasa, tertib administrasi dan tertib pengelolaan keuangan negara,"jelas Kajari Tebo saat memberikan materi sosialisasi.

"Selain pendampingan kepada pemerintah daerah, TP4D juga untuk pendampingan ke pemerintahan desa dalam mengelola Dana Desa (DD)," tegas Kajari.

Ditempat yang sama, Abu Bakar Sekda Tebo, mengapresiasi sosialisasi yang dilaksanakan oleh TP4D Tebo. Dia berharap dengan sosialisasi ini bisa memperbaiki pelaksanaan  pemerintahan desa di Tebo untuk lebih baik.

"Saya mengapresiasi kehadiran TP4D dan kegiatan sosialisasi ini. Mudah-mudahan dengan keberadaan TP4D dan sosialisasi ini mampu membuat Tebo lebih maju, dan pada akhirnya kesejahteraan masyarakat dapat berhasil di wujudkan," kata Sekda.

Dirinya menilai, sosialisai TP4D adalah langkah nyata pihak Kejaksaan dalam membantu dan mendukung pemrintah menyelenggarakan fungsi pemerintahan dan pembangunan, sekaligus mendukung dalam mewujudkannya.

"Dengan adanya TP4D maka seluruh perangkat dan kades di Tebo dapat berdampingan dengan unsur kejaksaan dalam proses Perencanaan, Pelaksaan, Pengawasan, serta pemyimpangan pengadaan barang jasa dan percepatan penyerapan anggaran," katanya.

Sementara, Suyadi Kepala Dinas PMD Tebo mengatakan, pihaknya bersama TP4D siap membantu dan mendampingi para Kades agar dalam menjalani tugasnya tidak menyakahi aturan. "Ini langkah terbalik yang diambil oleh pihak Kejaksaan. Jadi, jangan sampai ada masalah baru kita sibuk minta pendampingan, "kata Suyadi. (p08) 

Photo : Taguh Suhendro, SH, M.Hum Kajari Tebo didampingi Rosandi, SH Kasi Intel Kejari Tebo bersama Abu Bakar Sekda Tebo dan Suyadi Kepada Dinas PMD Tebo


Photo : Kades dan camat se kabupaten Tebo saat mengikuti sosialisasi


Photo : Taguh Suhendro, SH, M.Hum Kajari Tebo memaparkan materi sosialisasi


Photo : Kajari Tebo photo bersama usai sosialisasi

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement