Thursday, 17 August 2017

author photo
Photo : jnn.co.id
PORTALTEBO.com – Pasca pemutusan server aplikasi online Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Tebo sejak (17/7) bulan lalu, hingga kini berdampak luas pada pelayanan publik kepada masyarakat di Kabupaten Tebo. Diperkirakan Kabupaten Tebo bisa tidak dapat mencapai target yang ditetapkan pemerintah pusat, terkait pembaharuan data kependudukan.

Meskipun Pemkab Tebo telah menerbitkan Peraturan Bupati Tebo Nomor 14 Tahun 2017 tentang Kedudukan Organisasi, Tugas Pokok dan Fungsi serta Tata Kerja Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Tebo pada 14 Agustus, namun sanksi pemutusan server E-KTP dari Dirjen Kependudukan Kementerian Dalam Negeri belum juga bergeming.

“Tinggal satu langkah lagi, karena regulasinya sudah diterbitkan. Namun kepala daerah terbentur dengan aturan tidak dapat melakukan pelantikan ataupun mutasi pejabat saat ini,” kata Kepala Dinas Dukcapil Tebo, Lukman,SH melalui Kabid PIAK, Bekti Fery Densi, Rabu (16/8) di ruang kerjanya kepada JNN.
Sebagaimana diketahui telah sebulan berjalannya pemutusan koneksi server ke Dirjen Kependudukan Kemendagri, telah mengakibatkan hilangnya kesempatan dan peluang masyarakat dari berbagai sektor seperti pendidikan, kesehatan, ekonomi dan sosial.

“Masyarakat banyak mengeluhkan kehilangan kesempatan melamar kerja dengan sistem online, karena KTP yang sudah diterima belum di aktivasi. Belum lagi pengurusan BPJS, pendaftaran kuliah sampai pendaftaran test masuk penerimaan anggota TNI dan Polri,” jelas Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan ini.

Dilanjutkannya, dari data yang dihimpun akibat dari pemutusan tersebut, hingga hari ini ada 888 data KTP elektronik yang tidak dapat di entri ke sistem pusat. Ditambah lagi data perekaman di 12 Kecamatan yang belum diterima Dinas Dukcapil Kabupaten Tebo.


“Kita belum dapatkan data pastinya, yang lebih jelas petugas perekaman di kecamatan menyampaikan proses pindah datang kependudukan belum kita proses. Setiap masyarakat yang mengurus, kita kembalikan dulu berkasnya menjelang sistemnya terkoneksi,” imbuhnya. (red)

Sumber : jnn.co.id

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement