Awasi Dana Desa, Kejari Tebo Bakal Gandeng Wartawan yang Kompeten

- 10:12:00
advertise here
Kajari Tebo Teguh Suhendro, SH, M.Hum saat dikonfirmasi sejumlah wartawan usai sosialisasi dana desa dan TP4D, Kamis 24/8/2017
PORTALTEBO.com - Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Tebo bakal gandeng jurnalis atau wartawan yang berkompeten untuk bersama-sama melakukan pengawasan Dana Desa. Hal ini untuk menjamin agar pelaksanaan Dana Desa di Kabupaten Tebo berjalan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Ini langsung dikatakan oleh Kajari Tebo Teguh Suhendro, SH, M.Hum usai sosialisasi dana desa dan TP4D di aula utama kantor Bupati Tebo.

Menurut Kajari, dalam pengawasan ini tidak saja Kejaksaan, dinas tekait baik Eksekutif maupun Legislatif. Namun lebih dari itu, pengawasan Dana Desa ini harus dilakukan oleh semua komponen masyarakat termasuk wartawan. Sehingga penggunaan Dana Desa ini benar-benar tepat sasaran dan apa yang dicita-citakan oleh Pemerintah Pusat dapat terwujud.

"Sekarang ada ndak organisasi wartawan di Tebo, nanti beberapa orang (wartawan) akan kita libatkan dalam Tim pengawasan. Kalau mau melibatkan semuanya kan ndak mungkin, "kata Kajari.

Selain itu, kata Kajari, dengan adanya kerja sama antara aparat penegak hukum dan wartawan, maka pengawasan Dana Desa di Kabupaten Tebo diharapkan akan lebih transparan dan tepat sasaran.

Saat disinggung terkait maraknya modus-modus oknum tertentu mengatasnamakan lembaga pemerintah atau LSM maupun oknum-oknum wartawan yang menakut-nakuti aparat Pemerintah Desa, dirinya meminta agar hal itu jangan dilakukan.

"Mari sama-sama kita beri kenyamanan Kepala Desa serta Perangkat Desa dalam mengelola dana di desa mereka. Kalau mereka nyaman tentu realisasi pembangunan akan maksimal, "ajaknya.

Kepada kepala desa, Kajari minta jangan kaku dengan pengawasan.Dia juga mengingatkan jangan sampai terbesit niat buruk dalam pengelolaan dana desa.

"Jangan takut dan kaku. Jika ada kendala segera koordinasikan dengan kita atau dinas terkait. Kita siap memberi dampingan, "tutup Kajari. (p01)