Monday, 24 July 2017

author photo
PORTALTEBO.com - Badan Nasional Penaggulangan Bencana (BNPB) menerjunkan Helikopter waterboom untuk penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) wilayah Jambi.

Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPB) Provinsi Jambi Hamdan mengatakan, dari hasil evaluasi mereka. Kemungkinan besar hari ini akan menerbangkan satu unit Helikopter ke Kabupaten Tebo.

"Sabtu kemarin kita sudah datangkan 1 unit helikopter sudah stanbay disini, dan berdasarkan hasil dari BMKG hari ini kita terbangkan menuju titik di Kabupaten Tebo," kata Hamdan pada awak media, di posko Satgas Karhutla, Bandara lama, Senin (24/7/2017).

Hamdan mengakui, siang ini akan mendatangkan lagi 1 unit Helikopter dari Tanjung Pinang, Riau. Namun saat ini masih sedikit ada kendala.

"Mudah-mudahan nanti sore sampai kesini, selanjutnya mungkin akan datang lagi untuk patroli. Jadi, dua heli, untuk waterboom satu untuk patroli," terang Hamdan.

Tindakan di lapangan saat ini, kata Hamdan. Dilihat status satu bulan kemarin dan dengan rasa syukur hari ini sudah mereka perpanjang dan sudah siap ditandatangani oleh Gubernur Jambi. Setelah itu, maka pihaknya akan mengirim ke BNPB pusat untuk memperpanjang status hingga dengan tiga bulan kedepan.

Tidak menutup kemungkinan, perjalanan dari status siaga darurat akan menjadi status tanggap darurat. Pasalnya melihat kondisi sekarang sudah ada beberapa kabupaten kota di Jambi yang sudah menaikkan status diantaranya Kabupaten Sarolangun, Tanjabtim dan dan Kabupaten Tebo.

"Bahkan kita sekarang hari ini akan menuju ke Tebo ada titik api, itu sudah mencapai 80 persen di atas kepercayaan dan sudah dimungkinkan untuk kelokasi," jelas Hamdan.

Di Kecamatan Tebo Ulu, Kabupaten Tebo kata Hamdan sudah ada indikasi kebakaran. "Dalam hal ini dari satgas karhutla provinsi, menghimbau semua instasi terkait karhutla untuk berperan aktif baik dari provinsi kota dan kabupaten. Juga masyarakat untuk ikut memantau titik api dan segera melaporkan ke instasi terkait," pungkas Hamdan. (red)

Link Artikel : http://jamberita.com/index.php/berita-jambi/item/1316-terindikasi-titik-api-bpd-siang-ini-terbangkan-helikopter-ke-tebo

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement