Selain Gerakan Sejuta Polybag, Kompi Senapan B Muara Tebo Juga Programkan Kolam Ikan

- 13:15:00
advertise here
PORTALTEBO.com - Terobosan untuk ikut mewujudkan swasembada pangan yang dilakukan oleh Kompi Senapan B Muara Tebo, sepertinya penuh dengan inovasi. Terbukti, selain menggerakkan program sejuta polybag, Kompi Senapan B juga menggerakkan kolam ikan disetiap rumah anggotanya. Hal ini diungkapkan oleh Danki Kompi Senapan B Muara Tebo melalui Sahita Danton I Kompi Senapan B Muara Tebo.

"Untuk gerakan sejuta polybag sudah kita lakukan. Sekarang semua rumah anggota sudah memiliki 200 polybag yang ditanam sayur-sayuran," kata Sahita sebelum mengikuti upacara Peringatan HUT Bhayangkara ke-71 di Mapolres Tebo, Senin (10/7/2017).

"Kalau untuk gerakan kolam ikan disetiap rumah, itu juga sudah kita galakkan. Tapi belum semua rumah memiliki kolam, " kata Danton lagi.

Dirinya sendiri, aku Danton, telah memiliki kolam ikan seukuran 2x3 meter. Untuk kolam seukuran ini, jelas dia, bisa diisi dengan ikan sebanyak 200 sampai 400 ekor (benih). "Kolam yang kita haruskan tidak mesti ukuran sama (2x3 M). Bisa saja ukuran 1x1M. yang penting ada kolam yang memang produktif dan hasilnya bisa memenuhi kebutuhan rumah tangga sendiri. Untung-untung bisa untuk dijual dan hasilnya bisa menambah penghasilan keluarga, "tambahnya.

Menurut Danton, gerakan sejuta polybag dan kolam ikan ini bertujuan untuk meningkatkan perekonomian keluarga, khususnya keluarga Kompi Senapan B Muara Tebo. dengan adanya gerakan ini, dia berharap kedepannya anggota Kompi Senapan B Muara Tebo bisa swasembada pangan sendiri. "Setidak-tidaknya, kita mampu mencukupi kebutuhan pangan sendiri, "ucapnya.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Kompi Senapan B Kabupaten Tebo tidak mau ketinggalan untuk mewujudkan program swasembada pangan dari pemerintah pusat. Terbukti, saat ini Kompi Senapan B tengah menggalakkan program sejuta polybag. Hal ini diungkapkan Danki Kompi Senapan B Muara Tebo melalui Sahita Danton I, Kompi Senapan B Muara Tebo.

Dijelaskannya, program sejuta polybag ini sudah direalisasikan di lingkungan Kompi. Setiap anggota Kompi, kata dia, diharuskan memiliki 200 polybag yang sudah ditanam sayuran. "Jadi setiap rumah memiliki 200 polybag yang sudah ditanam sayuran berupa cabe, terong, dan lain sebagainya, "jelas Danton sebelum mengikuti upacara peringatan HUT Bhayangkara ke-71, di Mapolres Tebo, Senin (10/7/2017).

Lebih jauh dijelaskannya, dari 200 polybag per rumah ini, setiap rumah di Kompi sudah mampu meringankan pengeluaran rumah tangga sebesar Rp 1 juta. "Sekarang setiap rumah di Kompi sudah jarang ke pasar untuk membeli sayur, sebab kita sudah mampu menghasilkan sayur sendiri, "kata dia lagi.

Tidak hanya Kompi saja, lanjut Sahita, program sejuta polybag ini juga bakal merambah warga sekitar Kompi. Dengan tujuan agar warga juga bisa menghemat pengeluaran rumah tangga mereka. "Sosialisasi sama warga sudah kita lakukan. Tinggal lagi realisasinya. Mudah-mudahan ini segera terwujud, "harapnya mengakhiri. (p08)