Monday, 17 July 2017

author photo
PORTALTEBO.com - Hari pertama masuk sekolah, Senin (17/7/2017), SMK Tunas Harapan Tebo gelar penyambutan peserta didik baru. Penyambutan peserta didik baru ini dilaksanakan dengan kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) yang sebelumnya dikenal dengan Masa Orientaasi Peserta Didik Baru (MOPDB).

“MPLS merupakan kegiatan awal untuk saling mengenal, menumbuhkan rasa kekeluargaan bagi seluruh warga sekolah, baik peserta didik maupun majelis guru, " ujar Kepala Sekolah Drs Suwondo di hadapan para peserta didik baru kelas X tahun ajaran 2017/2018.

Dijelaskannya, MPLS menjadi sarana bagi siswa untuk secara positif mengenal profil lingkungan sekolah, serta program dan peraturan serta budaya sekolah.Tujuannya agar kegiatan belajar dan mengajar dapat berjalan baik. Untuk kegiatan ini, bilang Kepsek, melibatkan guru-guru dan dibantu oleh pengurus OSIS.

"Tujuannya agar kegiatan MPLS berjalan efektif dan menghindari perpeloncoan,"tegasnya.

Sementara, Andiyan Antono salah satu guru SMK Tunas Harapan Tebo mengatakan, ada beberapa tujuan diadakannya MPLS diantaranya, memperkenalkan siswa pada lingkungan sekolah yang baru, memperkenalkan siswa pada seluruh komponen sekolah beserta aturan, norma, budaya, dan tata tertib yang berlaku di dalamnya.

Selain itu, lanjut dia, tujuan dilaksanakanya MPLS untuk menanamkan berbagai wawasan dasar siswa sebelum memasuki kegiatan pembelajaran secara formal di kelas.

Lebih detail Andiyan Antono menjelaskan materi MPLS yakni, pengenalan Program Sekolah, pengenalan Program Sarana dan Prasarana, Pengenalan Program Kurikulum, Pengenalan Manajen Mutu, Sosialisasi Bahaya Narkoba, Penyuluhan Kenakalan Remaja, Pengenalan dengan jururuan masing-masing.

Selanjutnya, Pengenalan Eskul dan OSIS, Wawasan Wiyatamandala, dan Bakti sosial di lingkungan kantor desa Perintis serta tempat peribadahan yang ada di lingkungan sekolah.

"Untuk pemateri MPLS terdiri atas, Kepala Sekolah, seluruh Wakil Kepala Sekolah, Guru, para Pembina Eskul dan dibantu pengurus OSIS," kata dia.

Padw pelaksanaan MPLS ini, terang Andiyan Antono, seluruh calon peserta didik baru sangat antusias mengikuti setiap kegiatan. Tampak para peserta didik baru mulai dari awal hingga akhir mengikuti dengan baik acara yang telah tersusun.

“Kegiatan MPLS sangat menarik, karena informasi-informasi yang disampaikan tidak membuat kita bosan ditambah tiap materi yang disampaikan banyak pengetahuan yang membuat kita makin semangat ” kata Yogi salah satu calon peserta didik baru dari jurusan teknik sepeda motor. (red)

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement