Tuesday, 4 July 2017

author photo
Oleh: Nurlina Abunjani

Lebaran Idul Fitri biasanya identik dengan ketupat, ziarah kubur, silturrahmi keluarga dan tak lupa dengan mudik (pulang kampung) atau sekedar berlibur untuk menghilangkan kesuntukan dari berbagai aktivitas. Beberapa orang di berbagai tempat di Indonesia pun memiliki cara unik tersendiri untuk memeriahkan Idul Fitri. Bagaimana dengan tempat kalian?

Tempat wisata pun tak luput menjadi tujuan utama dalam menikmati liburan seperti taman bermain, kebun binatang, pusat perbelajaan, wisata pantai dan lainnya. Tempat hiburan ini mengalami lonjakan pengunjung yang signifikan.

Jumlah pengunjung Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, mengalami kenaikan yang cukup signifikan selama tiga hari libur lebaran 2017. Lebih dari 150 ribu orang berwisata selama tiga hari terakhir (kompas.com). Taman bunga Merangin Garden pun tak luput dari tujuan berlibur masyarakat merangin maupun luar merangin, padahal tempat wisata ini baru di buka tahun lalu dan sudah ramai dikunjungi. Apakah tempat wisata ini bisa dijaga dengan baik? Kita tunggu saja!

Sebenarnya tempat wisata di berbagai tempat sudah banyak tapi penjagaan dan pengelolaan keindahan jauh dari yang diharapkan.

Mari kita sama-sama jaga kelestarian tempat wisata yang ada di daerah kita untuk anak cucu kita nanti, hehe dan kali ini kalian akan saya bawa ke sebuah Kabupaten yaitu  Sarolangun.

Pemerintah kabupaten Sarolangun tidak mau ketinggalan dalam menampakkan kerativitas dalam menjalani libur lebaran Idul Fitri. Pemkab Sarolangun menggelar Festival Beatrix 2017 pada 4-6 juli 2017. Festival bakal menyuguhkan berbagai acara untuk memeriahkan hari Idul Fitri. Hal tersebut di sampaikan oleh Kepala Dinas Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Budpora) Sarolangun, (Syaipullah). “kali ini untuk memeriahkan hari raya idul fitri 1438 Hijriah, memang kita akan lakukan banyak perbedaan dan melebihi dari tahun-tahun sebelumnya. Kalau dulukan sekedar mengadakan lomba pacu perahu saja, tapi kali ini kita rangkum banyak kegiatan dan kita beri nama festival Beatrix” jelasnya. Berbagai rangkaian acara akan digelar tersebut diantaranya perlombaan panjat pinang, pawai keliling kota, balap motor prix dan lomba pacu perahu tradisional. “Festival Beatrix ini akan di buka langsung oleh Gubernur Jambi H Zumi Zola,” sebutnnya lagi (Tribun Jambi).

Wow, cukup meriah bukan untuk menyambut libur lebaran, tapi apakah sarana dan prasarana telah tercukupi seperti keamanan masyarakat dari berbagai tindakan kejahatan, parkir kendaraan dan lain sebagainya.

Suatu keunggulan tersendiri bila terdapat objek wisata di suatu daerah. Pasalnya, keberadaan objek wisata tersebut dapat meningkatkan aktivitas ekonomi masyarakat, serta meningkatkan penerimaan pemerintah melalui pajak dan retribusi. Tak heran bila kita telusuri, pemerintah baik skala nasional maupun lokal, berlomba-lomba memperkenalkan objek wisata kepada para wisatawan, baik asing maupun domestik. Sebab, makin banyak kunjungan wisatawan ke wilayah tersebut maka makin besar pula manfaat yang diperoleh. Menarik bukan?

Di samping semakin banyak tempat wisata dan pengenalan yang yang baik. Alangkah baiknya pengelolaan dan penjagaan diberikan usaha yang ekstra.

Mengapa Pengeloaan tempat wisata sangat diperlukan? Banyak faktor yang menjadi penyebabnya. di antaranya, persaingan dalam menarik wisatawan makin tinggi. Saat ini, wisatawan memiliki pilihan objek wisata yang makin banyak. Tentu saja, mereka akan mengunjungi daerah yang menawarkan jasa terbaik pada objek tertentu.

Maka dari itu adanya ajang festival beatrix 2017 ini, mari kita jadikan sebagai salah satu upaya peningkatan promosi dan kunjungan wisata ke Sarolangun. serta menjadi wadah pendidikan mengenai sadar wisata dan lingkungan hidup. pentingnya even ini juga untuk meningkatkan kesadaran berkunjungan ke wisata daerah. Sedangkan nilai edukasinya, bukan hanya tentang kelompok atau daerah mana yang menang dan kalah dan siapa yang mendapatkan hadiah terbanyak? akan tetapi Featival Beatrix 2017 ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran warga masyarakat mengenai kerja sama, khususnya kerja sama dalam melestarikan lingkungan

Akhirnya, kegiatan ini bukan hanya tentang hadiah tapi juga menjaga silaturrahmi dan kebersamaan. Untuk semua pihak mari kita jaga kelestarian tempat wisata kita. Jangan membuang sampah sembarangan, dan taatilah peraturan yang ada. Para pekerja kantor jangan coba-coba untuk membolos ya! ingat libur lebaran telah berakhir, saatnya kembali ke rutinitas

Selamat bertanding dan menyaksikan Festival Beatrix 2017
4-5 Juli di Ancol Sarolangun!

*Mahasiswi Fakultas Adab dan Humaniora UIN STS Jambi

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement