Dari Dua Bulan, Audit Keuangan PT PAH Molor Jadi 4 Bulan

- 07:15:00
advertise here
PORTALTEBO.com - Pihak Koperasi Unit Desa Olak Gedong Melako Intan (KUD OGMI) kelurahan Sungai Bengkal Kecamatan Tebo Ilir kembali merasa kecewa. Pasalnya proses audit  keuangan perusahaan Perkebunan Kelapa Sawit PT Persada Alam Hijau (PAH) yang dipercayakan kepada Kepala Kantor Kesatuan Bangsa Dan Politik (Kakan Kesbangpol) Tebo, Eryanto untuk mencari auditor independen tersebut, molor menjadi 4 bulan.

Padahal pada pertemuan tanggal 2 Maret 2017 diruang Sekda Tebo pihak koperasi dan pihak perusahaan yang disaksikan oleh Sekda, Disbunnakkan, Dinas PM. PTSP, Koperasi dan UKM, Kesbangpol, Polres dan Camat Tebo Ilir sudah sepakat bahwa proses audit tersebut akan dilaksanakan paling lama dua bulan selanjutnya baru bagi hasil.

Ishak, Ketua KUD OGMI mengatakan informasi terakhir dari Kakan Kesbangpol Tebo bahwa hasil audit tersebut dapat diketahui pihak koperasi pada akhir bulan ini.

"Harusnya paling lambat bulan Mei kemarin kita sudah tahu hasil audit keuangan PT PAH tersebut, tapi nyatanya malah diundur sampai akhir bulan juli (Bulan ini, red) artinya molor menjadi 4 bulan dari perjanjian yang sudah disepakati bersama ketika rapat diruang Sekda pada awal bulan maret lalu," ujarnya, Minggu (8/7).

Lanjutnya, terus terang  kami merasa sangat kecewa dengan keadaan ini karena ini bukan kali pertama kami dibohongi.

"Dengan ditundanya proses audit ini otomatis bagi hasil yang disepakati akan dilaksanakan setelah audit juga ikutan tertunda, padahal hampir seribu orang petani sangat berharap akan menerima hasil dari kebun yang mereka mitrakan, apalagi jadwal pembagian hasil ini juga sudah molor selama kurang lebih 4 tahun sebagaimana perjanjian awal yang sudah disepakati," bebernya.

Katanya lagi, kalau tahu kerja auditnya lamban seperti ini mendingan kita terima penawaran jasa dari auditor lain, karena selain proses auditnya singkat, biayanya juga tidak sampai separuh dari biaya yang dikeluarkan kepada Kantor Akuntan Publik (KAP) sekarang.

Eryanto, Kakan Kesbangpol Tebo, saat dikonfirmasi via ponselnya kemarin membenarkan adanya penambahan waktu proses audit tersebut sampai akhir bulan Juli.

"Benar hasil audit keuangan PT.PAH belum bisa diketahui sekarang, karena pihak perusahaan akan melakukan rapat dengan tim audit terlebih dahulu, setelah itu baru tim audit akan mengundang saya kejakarta untuk membahas hasil dari rapat dengan pihak perusahaan tersebut," Katanya.

Seperti diberitakan disejumlah media sebelumnya Eryanto, Kakan Kesbangpol Tebo mengatakan bahwa hasil audit keuangan PT. PAH akan diketahui oleh KUD OGMI paling lambat pada minggu kedua bulan juni 2017.

"Komunikasi terakhir saya dengan Pak Sudibyo Hartanto, selaku akuntan dari Kantor Akuntan Publik (KAP) Drs. Basri Hardjosumarto, M.Si, Ak Dan REKAN bahwa hasil audit keuangan tersebut dapat diketahui pada minggu kedua bulan juni," ujarnya.

Dijelaskannya, Audit keuangan Independent ini kita percayakan kepada KAP Drs. Basri Hardjosumarto yang kantor pusatnya berada di Jl. Gubeng Kertajaya III F/ 10 Surabaya.

"Audit itu sendiri sudah dimulai sejak akhir bulan maret 2017, setelah semua proses administrasinya selesai, mudah- mudahan saja tim audit ini bisa memegang amanah, terutama amanah dari ratusan petani," tambahnya. (p011)