Sunday, 9 July 2017

author photo
Foto Ilustrasi Sumber Internet
PORTALTEBO.com-Jika sebagian besar kecamatan di Tebo adalah penghasil padi sawah, namun beberapa kecamatan lainnya juga menjadi sentra hasil pertanian lainnya seperti jagung dan kedelai. Sementara itu untuk Alat Tanam Jagung yang didapat dari bantuan Pemerintah Pusat akan difokuskan ke Sentra Jagung yang ada di Tebo.

Kembar Nainggolan, Kabid Sarana dan Prasarana, Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Tebo mengatakan bahwa untuk alat tanam jagung kemungkinan bakal di salurkan ke daerah VII Koto. Pasalnya kata dia daerah ini adalah sentra atau lumbung jagung yang ada di kabupaten Tebo. 

"Alat tanam jagung kemungkinan akan kita salurkan ke VII koto. Sebab disana banyak jagung,"bebernya.

Dengan adanya bantuan peralatan tani ini, ia berharap masyarakat bisa memanfaatkan dengan sebaik baiknya. Selain itu, daerah yang dulunya merupakan lumbung padi bisa lebih meningkatkan hasil panennya.

"Dengan adanya alat ini, harapan kita petani bisa turun lagi ke ladang dan menggarap lahannya kembali,"sebutnya.

Sementara itu sebelumnya diberitakan bahwa untuk menunjang produktivitas hasil tani serta meringankan beban para petani dalam mengolah lahan pertanian, Pemerintah Kabupaten Tebo melalui Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura akan meminjamkan 50 alat pertanian ke petani tebo. 

Adapun peralatan tersebut berupa handtractor, combaine, alat tanam jagung. Seluruhnya merupakan bantuan dari pemerintah pusat kepada Pemerintah Kabupaten Tebo. 

Terkait hal ini Kembar Nainggolan, Kabid Sarana dan Prasarana, Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Tebo mengatakan, seluruh alat pertanian tersebut nantinya bakal dipinjamkan ke petani yang membutuhkannya. 

"Silahkan saja kalau ada petani yang mau pinjam datang saja ke kantor. Bawa data dari kelompok tani dari desa mana,"ujar Kembar.

Sementara itu untuk saat ini dari data yang ada telah diketahui bahwa sudah ada kelompok tani yang megajukan pinjaman. Adapun yang telah dipinjam Enam unit handtractor. 

"Hendtractor sudah semua kita pinjamkan. Yang ada tinggal alat tanam padi dan jagung,"timpalnya.(p07)

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement