Masih Suasana Lebaran, Koramil 416-04 Pulau Temiang Sudah Aktif Dampingi Petani Turun Kesawah

- 16:55:00
advertise here
PORTALTEBO.com - Semangat Kodim 0416/Bute untuk mewujudkan program swasembada pangan sepertinya sangat serius. Terbukti, meski masih dalam suasana lebaran, anggota Koramil 416-04 Pulau Temiang sudah mulai aktif turun kesawah untuk mendampingi petani.

Dia adalah Babinsa Serda Jon Marius, anggota Koramil 416-04 Pulau Temiang yang turun kesawah mendampingi Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Tuan Jaya, Desa Bungo Tanjung, Kecamatan Tebo Ulu.

Bersama Kapoktan Lukman, Serda Jon Marius membuka lahan sawah baru seluas 20 ha. "Mereka (petani) menargetkan pada Agustus nanti sudah mulai tanam, "kata Kpt Inf Zulkarnaini Danramil 416-04 Pulau Temiang, Kamis (29/6/2017).

Ditegaskan Danramil, kegiatan pendampingan yang dilakukan babinsa mulai dari buka sawah baru, penyuluhan, saat bercocok tanam sampai panen. Kegiatan ini merupakan sebagai bentuk pendekatan emosional terhadap masyarakat binaannya dan untuk memperlancar kerjasama dengan para petani. Tujuan pendampingan ini untuk meningkatkan program swasembada pangan yang ditargetkan pemerintah.

"Peran Babinsa menjadi sangat diharapkan oleh masyarakat khususnya para petani, apabila Babinsa rajin turun ke sawah bersama petani dan melakukan pengawasan pengecekan serta pendampingan, tentunya sangat berpengaruh sekali terhadap swasembada pangan sesuai harapan pemerintah saat ini," jelasnya.


Sementara, Lukman Kapoktan Tuan Jaya, Desa Bungo Tanjung, Kecamatan Tebo Ulu mengucapkan terimakasih kepada anggota TNI yang telah ikut turun langsung mendampingi petani kesawah. Dia berharap dengan pendampingan yang dilakukan oleh TNI ini, mampu meningkatkan hasil produksi padi petani.

"Mudah-mudahan upaya kita (petani) yang dibantu oleh TNI menuaikan hasil yang maksimal dan sesuai dengan yang diharapkan, "kata Lukman. (p01)