Hati-hati, Jalan Dua Jalur Di Tebo Ancam Keselamatan Pemudik

- 02:46:00
advertise here
PORTALTEBO.com - Pengendara roda dua maupun roda empat harus hati-hati saat melintas di Jalan Lintas Sumatera (Jalisum) Kabupaten Tebo. Pasalnya, kondisi jalan banyak yang rusak dan berlubang. Kondisi ini pun sering menjadi penyebab kecelakaan tunggal.

Dari pantauan PORTALTEBO.com, Rabu (7/6/2017), jalan yang mengalami rusak dan berlubang ini berada di Jalisum dua jalur Kecamatan Tebo Tengah. Di jalan nasional ini, banyak terdapat lubang menganga. Dan jika turun hujan, lubang tersebut akan tertutup air.

Anto, salah satu warga Kecamatan Tebo Tengah mengatakan, sudah sering terjadi laka tunggal di jalan itu. Rata-rata penyebabnya pengendara tidak tahu jika ada lubang di badan jalan. Selain karena lubang, kecelakaan juga dipicu akibat minimnya rambu-rambu lalu lintas di lokasi.

"Sangat sering motor terjatuh. Beruntung kalau sepi. Celakanya kalau pas waktu jalan ramai bisa terjadi kecelakaan beruntun. Ya harapannya segera diperbaiki," kata Anto, saat berbincang dengan PORTALTEBO.com.

Dijelaskan Anto, kondisi rusaknya jalan ini sudah sering diperbaiki. Diduga karena dikerjakan asal jadi dan ada kekeliruan pada perencanaan, akibatnya jalan tidak bertahan lama. "Setiap tahun diperbaiki dengan cara tambah salam. Tapi hanya bertahan beberapa bulan saja, jalan kembali rusak dan berlubang. Apalagi kalau sudah turun hujan, dipastikan ada saja lubang baru di badan jalan, "jelasnya.

Apa yang dikatakan Anto ini dibenarkan Tarmi pengendara sepeda motor. Dia berharap pada intansi terkait agar segera memperbaiki jalan rusak dan menimbun lubang jalan. "Ini urgent karena sebentar lagi lebaran. Tentu jalan itu akan dipenuhi pengendara yang ingin mudik dan balik lebaran.

"Lalu lintas kendaraan pada mudik dan balik lebaran pasti ramai. Jangan sampai dengan kondisi jalan saat ini malah mengancam keselamatan pengendara, "kata dia. (p08)