DKPP Rehabilitasi Nama Baik 5 Komisioner KPUD Tebo

- 13:03:00
advertise here
PORTALTEBO.com - Perkara dugaan pelanggaran kode etik penyelenggara Pemilu dengan Teradu para komisioner KPUD Kabupaten Tebo, telah diputuskan,Kamis (8/6/2017).

Pembacaan putusan dilakukan di ruang sidang DKPP RI Jakarta. Putusan DKPP menyatakan, lima komisioner KPUD Tebo tidak terbukti melanggar kode etik. Karena tidak terbukti, DKPP merehabilitasi nama baik mereka.

"Alhamdulillah, sidang DKPP RI menolak pengaduan Pengadu untuk seluruhnya. DKPP telah memutuskan Rehabilitasi kepada kita berlima (Komisioner KPUD Tebo) karena tidak terbukti melanggar kode etik penyelenggara Pemilu,”ujar Sri Asteti Divisi Hukum KPUD Tebo, usai mengikuti sidang di DKPP RI Jakarta, Kamis (8/6/2017).

Diketahui, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Tebo menjalani sidang kode etik di Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP). Ini setelah DKPP menerima laporan pasangan Hamdi-Harmain yang dilayangkan Maret lalu terkait dugaan pelanggaran Pilkada Tebo 2017.

Berdasarkan rilis yang diupload di website resmi DKPP RI, dengan nomor146/VI-P/L-DKPP/2017, Senin (10/4/2017), diketahui pihak teradu adalah lima komisioner KPUD Tebo yakni Basri, Ahdiyenti, Riance Juscal, Al Fadli, dan Sri Asteti.

Dalam rilis itu, DKPP turut melampirkan alat bukti yang disampaikan pengadu atas nama Hamdi selaku pemberi kuasa dengan perkara pembukaan kotak suara di Kantor KPU Tebo. (p08)