Disperindag Tebo Bantah 4 Bulan Belum Bayar Gaji Tenaga Honorer

- 19:23:00
advertise here
PORTALTEBO.com - Dinas Perindustrian Perdagangan dan Tenaga Kerja (Disperindag & Naker) Kabupaten Tebo membantah jika belum membayar gaji tenaga honorer selama 4 bulan. Hal ini disampaikan langsung oleh Kepala Disperindag & Naker Tebo melalui surat klarifikasi pemberitaan Nomor : 530/177/Perindag&Naker/2017.

Surat yang dilayangkan pada 8 Juni 2017 ke redaksi PORTALTEBO.com ini menjelaskan bahwa, untuk pembayaran gaji tenaga honorer sudah dibayarkan selama 2 (dua) bulan, yaitu bulan Januari dan Februari. Adapun pembayaran gaji yang belum dibayarkan adalah bulan Maret, April dan Mei (tiga bulan).

Dalam surat klarifikasi ini juga dijelaskan bahwa, kondisi selama ini untuk pembayaran gaji tenaga honorer memang dibayar setiap 3 (tiga) bulan. Namun, jika kondisi keuangan memungkinkan, pembayaran gaji honorer ini dilakukan (dibayar) setiap bulan.

Alasannya, pembayaran gaji honorer tersebut dibayar atas dasar Kondisi Keuangan (proses pencairan/GU) serta dengan persetujuan Kepala Dinas. Kemudian sudah tertuang juga dalam surat perjanjian kontrak kerja yang berbunyi bahwa "Pegawai honorer berhak menerima gaji Rp.1.000.000/bulan" dan tidak disebutkan pembayaran dilaksanakan setiap bulan.

Untuk pembayaran gaji bulan Juni memang belum dibayarkan karena pada prinsipnya tenaga honorer bekerja dahulu kemudian baru dibayar gaji. Seyogyanya untuk pembayaran gaji sampai dengan bulan Mei akan dibayar pada pertengahan bulan Juni ini.

Jadi, terkait pemberian dengan judul "4 Bulan Belum Gajian, Honorer Disperindag Mengeluh, (Rabu 7/6/2017)" Disperindag&Naker Tebo meluruskan bahwa, pembayaran gaji yang belum dibayarkan selama 3 bulan bukan 4 bulan.

Meski demikian, atas pemberitaan tersebut, Disperindag&Naker Tebo akan lebih peka lagi terhadap keluhan-keluhan para tenaga honorer. Tidak itu saja, Disperindag&Naker juga berharap kedepannya bisa bekerja sama dengan media dalam menjalankan fungsi kontrol yang berimbang.

Surat klarifikasi pemberitaan ini ditandatangani langsung oleh Drs. Zulkarnaini Kepala Disperindag&Naker Kabupaten Tebo, dan Mulya Ramadani, SE PPTK Penyedia Jasa Tenaga Pendukung Administrasi Perkantoran. Surat ini juga ditembuskan ke Sekretaris Daerah sebagai laporan.

Seperti diberitakan sebelumnya, tenaga honorer di Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Tebo, mengeluh. Pasalnya, sudah empat bulan ini mereka belum terima gaji. Hal ini disampaikan salah satu tenaga honor di dinas tersebut.

"Sudah empat bulan belum gajian bang, "ujar tenaga honorer ini pada PORTALTEBO.com, Rabu (7/6/2017).

Biasanya, kata dia, pembayaran gaji honor ini paling lama 3 bulan. Itupun jarang sekali terjadi. Namun, ungkap dia, selama tahun 2017 ini, gaji yang dibayar hanya pada bulan Januari dan Februari. "Maret sampai Juni belum dibayar,"kata dia.

Untuk itu, dia berharap kepada kepala Disperindag agar segera membayar gaji honor yang menjadi hak mereka. "Memang gaji kami kecil, cuma 1 juta perbulan. Tapi ini sangat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan keluarga kami, "keluhnya mengakhiri. (*)